ANEKA

New Hope dari Unpad, Temukan Alat Tes Pamungkas Covid-19

Indonesia Siap Produksi Sendiri Swab Tes Antigen

New Hope dari Unpad, Temukan Alat Tes Pamungkas Covid-19

Test swab masal yang digelar Dinkes Makassar

Tes antigen diklaim menjadi solusi dalam mengendalikan Pandemi Covid-19 di Indonesia. Tes ini disebutkan mampu mendeteksi virus hanya dalam kurun waktu 20 menit.

Laporan : Muh Akbar

Salah satu masalah yang dihadapi dalam melakukan pengendalian Covid-19 di Indonesia adalah lambatnya proses testing. Seorang yang terpapar Covid-19 baru bisa dideteksi jika antibodinya telah muncul. Antibodi sendiri muncul dalam kurun waktu 15 hari.

New Hope dari Unpad, Temukan Alat Tes Pamungkas Covid-19

Proses tes swab

Menurut Pandu Riono, Inisiator Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia yang juga Pakar Wabah-UI saat menjadi pembicara diskusi dan peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia yang digelar secara daring, Rabu (28/10/2020), salah satu penyebab sulitnya mengendalikan pandemi ini karena keterlambatan testing.

New Hope dari Unpad, Temukan Alat Tes Pamungkas Covid-19

Tes Antigen

“Gelombang pertama saja belum selesai. Grafiknya menunjukkan naik turun. Itu karena masakah testing yang lama,” ujarnya.

Padahal kata dia, kunci untuk mengendalikan wabah itu ada pada bagaimana melakukan deteksi awal. “Kalau kita sudah tes, lalu tracing segera untuk mengetahui penyebarannya. Testing yang telat sangat merugikan,” katanya.

Mengendalikan wabah ini kuncinya ada di awal. Bukan pada saat perawatan di rumah sakit. sehingga diperlukan alat test yang bisa menunjukkan hasil cepat. “Dengan melakukan tes antigen kita bisa tahu lebih dini dan hasilnya juga lebih cepat,” kata dia.

Menurut Pandu, sebaiknya hentikan saja tes antibodi karena tidak efektif dalam mengendalikan Covid-19. “Antibodi lambat. Hentikan saja kita pakai antigen,” katanya.

Dengan menggunakan kombinasi 3M dan testing antigen, menurutnya hal itu akan memberikan hasil positif dalam mengendalikan wabah ini.

“kalau kita gunakan kombinasi itu td 3m dan testing yang cepat, maka secara pelan-pelan kita bisa buka pergerakan masyarakat. Ekonomi bisa pelan-pelan membaik,” tambahnya.

New Hope dari Unpad, Temukan Alat Tes Pamungkas Covid-19

grafik prediksi wabah covid-19

Hal senada juga dikatakan Peneliti Universitas Padjajaran, Muh Yusuf yang mengatakan, dengan test antigen hasilnya bisa lebih akurat. Disaming itu tidak perlu menunggu antibodi muncul untuk mengetahui sesorang terpapar virus Covid-19 atau tidak.

Saat ini pihaknya tengah berupaya untuk memproduksi alat test antigen secara swasembada. “Kami sudah mendaftarkan ke Kementerian Kesehatan RI,” tambahnya.

sebelumnya World Health Organization (WHO) sendiri baru-baru ini mengumumkan akan menyediakan 120 juta test cepat atau rapid test antigen Covid-19 untuk 133 negara. WHO memprioritaskan negara-negara yang berpendapatan rendah dan menengah yang memiliki kasus dalam jumlah besar.

Bahkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengabarkan pihaknya telah berkomunikasi dengan WHO melalui perwakilan yang ada di Indonesia. Dan mengusulkan agar Indonesia juga dapat dipertimbangkan sebagai negara prioritas penerima.

Peluncuran Gerakan Sejuta Tes Antigen

Diskusi yang dihadiri sekitar 300-an peserta itu juga dirangkaikan dengan peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia untuk menggalang dukungan masyarakat luas agar test cepat antigen bisa dilakukan kepada satu juta masyarakat Indonesia.

Dalam diskusi dan peluncuran itu hadir sebagai pembicara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Gerakan Solidaritas Sejuta Test Antigen Natalia Soebagjo, Pakar Wabah UI Pandu Riono, dan Sekretaris Pusat Riset Bioteknologi Molekuler dan Bio-informatika (PRBMB) Universitas Padjadjaran, Muhammad Yusuf. Diskusi ini dimoderatori Olga Lydia. (a)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top