PARIWARA

Seluruh Biaya Bersalin Dijamin JKN-KIS

Seluruh Biaya Bersalin Dijamin JKN-KIS

Narasumber : Jufri

Polewali, Upeks.co.id – Hari kelahiran bayi merupakan momen yang sangat dinantikan oleh orang tua. Namun momen tersebut selalu dibarengi dengan kekhawatiran akan keselamatan ibu dan bayi, serta terkadang khawatir akan biaya persalinan yang tinggi. Salah seorang peserta JKN-KIS, Jufri mengungkapkan hal serupa. Ditemui pada saat ia mengurus pendaftaran kepesertaan bayinya, ia menceritakan pengalamannya bersama sang istri saat bersalin menggunakan JKN-KIS, Senin (22/06).

Jufri menceritakan bahwa istrinya, Risnawati, baru saja melahirkan pada tanggal 16 Juni kemarin. Ia mengatakan bahwa awalnya dirinya sempat takut akan keselamatan sang istri dan bayi serta biaya persalinan yang harus ia bayar setelahnya.

“Walau ada uang tabungan, tapi kami was-was juga. Takut tidak cukup,” ujarnya.

Jufri bercerita bahwa pada saat itu ia membawa istrinya ke Puskesmas tempatnya terdaftar, namun istrinya terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit karena proses persalinannya ternyata tidak dapat ditangani di Puskesmas. Jufri melanjutkan hal tersebut lantaran persalinan istrinya harus dilakukan melalui operasi caesar dikarenakan kondisi tertentu.

Namun kekhawatiran Jufri lenyap setelah mendapat informasi dari petugas rumah sakit bahwa keseluruhan biaya operasi istrinya ditanggung oleh Program JKN-KIS. Pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit pun ia rasakan sangat baik.

“Cukup kaget saya, ketika diberitahu bahwa biayanya ditanggung keseluruhan oleh BPJS Kesehatan. Padahal setiap bulan saya hanya membayar Rp 51.000. Saya sangat bersyukur, manfaat Program JKN-KIS sangat saya rasakan. Jika tidak ada Program JKN-KIS mungkin saya harus meminjam uang untuk membayar persalinan istri saya,” ucap Jufri.

Menutup perbincangan Jufri mengajak seluruh peserta JKN-KIS untuk taat membayar iuran karena ia sendiri telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS.

“Jangan lupa bayar iuran setiap bulan, karena dengan membayar iuran setiap bulan, secara tidak langsung kita sudah menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ajak Jufri. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top