PARIWARA

Konsultasi Online Bisa via Mobile JKN

Konsultasi Online Bisa via Mobile JKN

Narasumber : dr. Wahyuni Nakka

Bulukumba, Upeks.co.id – Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 melalui kontak langsung, peserta JKN-KIS kini dapat melakukan konsultasi online dengan dokter melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan guna memenuhi kebutuhan peserta dalam mendapatkan layanan “Konsultasi Online” sehingga memudahkan peserta dan dokter dalam berkomunikasi.

“Dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kini dapat memanfaatkan Mobile JKN untuk berkomunikasi dan mengedukasi peserta terdaftar di FKTP=nya. Selain itu, dokter juga dapat mengetahui informasi riwayat kesehatan peserta yang pernah diterima sebelum memutuskan tindakan pengobatan untuk diberikan ke pasien,” tutur Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Cabang Bulukumba, Yunita Andriani, Rabu (29/07).

Melalui menu kosultasi dokter pada aplikasi Mobile JKN inilah pasien dapat berkomunikasi dengan dokter via chat. Dokter dapat langsung memberikan respon atas keluhan penyakit yang disampaikan oleh peserta, serta memutuskan apakah peserta yang bersangkutan perlu dirujuk ke rumah sakit atau tidak.

“Menu ini sangat mudah diaplikasikan karena masyarakat telah terbiasa memanfaatkan menu chat di aplikasi atau jejaring sosial lainnya. Jadi sekarang walaupun di masa pandemi seperti ini, peserta JKN-KIS dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka. Hanya dengan mengunduh aplikasi ini, peserta JKN-KIS dapat berkontak dengan dokter,” tambahnya.

Sementara itu, pimpinan Klinik Naufal, Wahyuni Nakka, menyampaikan bahwa konsultasi online ini sangat membantu, baik bagi tenaga kesehatan maupun peserta itu sendiri, terutama di kondisi pandemi Covid-19, sebab peserta maupun dokter tidak harus bertemu secara langsung. Menurutnya, aplikasi ini sangat mudah menggunakannya bagi peserta dari berbagai kelompok usia.

“Harapan kami tentunya sosialisasi dan promosi ke masyarakat perlu ditingkatkan agar pasien yang biasanya konsultasi secara tatap muka tidak lepas kontrol dengan alasan pandemi. Mereka tetap dapat berkonsultasi secara online dengan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ini. Kami pun sebagai tenaga medis sangat terbantu dengan adanya aplikasi semacam ini, tugas utama kami dapat tetap berjalan meskipun tidak bertemu langsung dengan pasien,” ujar Wahyuni. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top