Ikuti Prosedurnya, Rasakan Manfaatnya

  • Whatsapp
Ikuti Prosedurnya, Rasakan Manfaatnya
Narasumber : Solikin (34)
Ikuti Prosedurnya, Rasakan Manfaatnya
Narasumber : Solikin (34)

Palopo, Upeks.co.id – Manfaat Program JKN-KIS kian banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Solikin (34), seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang rutin menjalani cuci darah. Ia mengatakan puas terhadap pelayanan yang didapatkannya saat memanfaatkan Kartu JKN-KIS.

“Saya sudah empat tahun ini memanfaatkan JKN-KIS karena saya rutin harus menjalani pelayanan cuci darah (hemodialisa). Saya diwajibkan untuk satu minggu sekali cuci darah. Jika tidak ada JKN-KIS dan harus bayar sendiri, entah bagaimana nasib saya. Saya tidak punya uang cukup untuk cuci darah setiap minggu,” ujar Solikin dengan terbata kepada Jamkesnews, Rabu (29/07).

Bacaan Lainnya

Cuci darah atau hemodialisa adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menggantikan fungsi ginjal akibat kerusakan pada organ tersebut. Selama proses cuci darah, darah akan dialirkan oleh mesin dari dalam tubuh pasien melalui saluran steril dan melewati membran dialisis khusus. Cuci darah dapat memberikan kesempatan bagi penderita gagal ginjal untuk tetap menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

Solikin mengaku terdaftar sebagai peserta JKN-KIS kelas 3, namun menurutnya manfaat yang didapatkan di pelayanan kesehatan tidak dibedakan dengan kelas lainnya. Katanya, dengan biaya yang relatif kecil tapi ia mendapatkan manfaat yang sangat besar.

“Bayangkan saja, seperti saya hanya membayar Rp 25.500 per bulan, tapi saya dapat memperoleh pelayanan hemodialisa setiap minggu, dan itu semua gratis. Saya tidak mengeluarkan biaya sedikit pun dari dulu hingga sekarang. Yang penting kita mengikuti prosedurnya, maka kita bisa mendapat manfaat dari program ini secara cuma-cuma,” tambahnya.

Solikin juga mengatakan selain tidak mengeluarkan biaya, pelayanan yang ia dapatkan baik di Puskesmas ataupun rumah sakit tidak ada perbedaan atau diskriminasi. Ia pun menyampaikan harapannya semoga Program JKN-KIS terus berlangsung dan terus memberikan manfaat bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Mudah-mudahan semua penduduk segera jadi peserta JKN-KIS. Yang penting kartu kita aktif, patuh prosedur, yakinlah pelayanan optimal bisa didapatkan saat berobat pakai JKN-KIS,” kata Solikin. (Jamkesnews)

Pos terkait