MAKASSAR CITY

Dinkes Makassar Tetap Fokus Penanganan Kasus Kekerdilan

Dinkes Makassar Tetap Fokus Penanganan Kasus Kekerdilan

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin akan tetap fokus pada penanganan kasus stunting.

Pencegahan kasus kekerdilan merupakan program prioritas yang menjadi fokus pemerintah karena stunting adalah kondisi yang mesti diperhatikan.

Naisyah menuturkan program prioritas itu tetap berjalan dan ada beberapa program prioritas untuk kesehatan.

“Salah satunya masalah Covid. Tetapi yang lainnya seperti stunting, gizi buruk, semua tetap jalan seperti posyandu semua tetap kita jalan,” ujarnya.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, mengharuskan proses pemberian gizi maupun pemeriksaan di posyandu dilakukan secara protokol kesehatan seperti mewajibkan memakai masker dan membagi waktu pemeriksaan.

“Posyandu kita buka tetapi dibikinkan aturan misalnya berjadwal, bisa berapa kali dalam seminggu, jam berkunjung juga diatur,” tutur Naisyah.

Dinkes Makassar Tetap Fokus Penanganan Kasus Kekerdilan

Dalam paparannya, Naisyah menyebutkan penyebab stunting atau kekerdilan dipengaruhi oleh banyak faktor. Sehingga masyarakat perlu memperhatikan kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit yang memengaruhi proses tumbuh kembang anak.

“Penyebab stunting karena masalah dalam gizi. Sebenarnya banyak hal kalau bicara stunting. Masalah lingkungan, sanitasi, air bersih, karena itu semua memengaruhi tumbuh kembang. lSanitasi yang jelek salah satu pemicu penyakit, daya tahan tubuh lemah, bisa menyebabkan berat badan menurun bisa menyebabkan terjadinya stunting,” paparnya.

Menurutnya, kasus kekerdilan tdak bisa dianggap remeh, ia mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Kasus stunting juga bisa menyebabkan kematian.

“Misalnya anak-anak harus dapat imunisasi ulangan, tidak bisa tidak. Itu bisa menyebabkan kematian bukan hanya Covid,” pungkas Naisyah.(rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top