Dorong Ketahanan Pangan, Dandim Enrekang Siapkan 1 Hektar Lahan Untuk Tanam Porang

  • Whatsapp
Dorong Ketahanan Pangan, Dandim Enrekang Siapkan 1 Hektar Lahan Untuk Tanam Porang

Dorong Ketahanan Pangan, Dandim Enrekang Siapkan 1 Hektar Lahan Untuk Tanam Porang

ENREKANG,UPEKS.co.id — Wakil Bupati Enrekang, Asman,SE mengatakan meski saat ini Indonesia sedang  dilanda Virus Corona yang belum tahu kapan akan berakhir, namun Pemerintah Daerah Enrekang akan terus  berupaya agar kehidupan masyarakat Enrekang tetap berjalan stabil.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah bagaimana agar ketahanan pangan Nasional tetap terjaga. Untuk itu di tengah cobaan  pandemi Covid-19 Pemkab Enrekang tengah melakukan penanaman porang secara besar-besaran.

Selain Pemkab Enrekang, Kodim 1519/Enrekang juga telah melakukan penanaman Perdana Porang yang  kemarin, Rabu (29/7/2020) dihadiri oleh Wakil Bupati Enrekang Asman, SE, Kapolres Enrekang AKBP Endon  Nurcahyo, S.Ik serta Anggota DPRD Kabupaten Enrekang Ismail Jafar dan didampingi Dandim 1419/Enrekang  Letkol Inf Utyu Samsul Komar.

Dandim 1419/Enrekang kepada Upeks mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan 1 hektar lahan untuk  penanaman porang.

Namun yang telah ditanami porang dan pajale saat ini luasnya sekitar 3000 M dan berlokasi  dilahan perkebunan Koramil 1419-02/Enrekang Kodim 1419/Enrekang Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Galonta,  Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

” Iya tadi tanam porang di Keppe, belakang Wisma Mataallo, (wisma Kodim) disamping Arbas.Target 1 hektar, tapi  kita masih bertahap, untuk yang di Keppe perkiraan +- 3000 m, sisanya menuju 1 hektar di Randangan.

Sekarang  di Randangan lagi penyiapan lahan”. Kata Letkol Inf Utju Samsul Komar,Kamis (30/7/2020).

Dalam melakukan gerakan penanaman Porang ini, Dandim berharap lahan tidur yang tidak produktif dapat  dikelola.

“Sehingga di masa pandemi kita tetap produktif, itu pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan ini. Rencana  awalnya porang ini akan di ekspor tapi, untuk saat ini sudah banyak tempat pengolahan porang di Sulawesi”.  Ujarnya.

Dilokasi penanaman perdana Porang, Wabup Enrekang mengapresiasi langkah yang dilakukan Kodim 1519  Enrekang. Asman mengatakan meski ditengah pandemi Covid-19 Kodim tetap produktif untuk mendorong  ketahanan pangan di daerah dan di Indonesia pada umumnya.

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Enrekang agar ini dijadikan spirit untuk tetap bangkit dan produktif  meski kita berada pada masa-masa yang sulit dengan adanya pandemi Covid-19”. Kata Asman. (Sry)

Pos terkait