Appi: Makassar Harus Punya MRT

  • Whatsapp
Appi: Makassar Harus Punya MRT

Appi: Makassar Harus Punya MRT

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Salah satu program Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) adalah  melahirkan moda transportasi massal seperti MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rapid Transit).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, salah satu cara efektif mengurangi kemacetan adalah menyediakan transportasi umum yang nyaman.

“Makassar ke depan ini harus punya moda transportasi massal yang baik, tidak bisa ditawar lagi. Apakah itu MRT atau LRT. Kita harus berpikir lebih jauh dari sekedar busway,” kata Appi, Rabu (17/6).

Selain itu, pegawai pemerintah juga akan dibatasi untuk menggunakan kendaraan pribadi ke kantor. Ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat agar beralih ke angkutan umum.

Itu disampaikan Appi dalam diskusi bertema “Bedah Program Tata Kota dan Perumahan Rakyat Pasangan Marhaban” yang dilaksanakan Komunitas Wartawan Politik Sulsel di Café Respublica.

Pakar Perencanaan Tata Ruang dari Universitas Bosowa, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, M.Si juga berpendapat  serupa. Menurutnya, angkutan umum selama ini kurang diminati warga karena tiga alasan.

“Apakah kalau saya menggunakan angkutan umum kenyamanan saya bisa dijamin, keamanan saya bisa dijamin,  dan apakah saya bisa tepat waktu sampai ke tujuan. Jika tiga pertanyaan ini tidak tidak bisa dijawab, maka tidak
akan peralihan masyarakat dari angkutan pribadi ke angkutan umum,” kata Batara.

Dia sangat setuju dengan program MRT dan LRT yang dicanangkan Appi. Menurutnya, Kota Makassar sudah
sepatutnya memiliki MRT dan LRT sebagaimana kota-kota metropolitan lainnya. Apalagi moda transportasi ini
dipastikan nyaman, aman dan tepat waktu dibandingkan pete-pete atau angkot. (mah)

Pos terkait