FK UMI Gelar Kuliah Umum Bersama Asosiasi Dokter Asia

  • Whatsapp

FK UMI Gelar Kuliah Umum Bersama Asosiasi Dokter Asia

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI) bersama Association of  Medical Doctor of Asia (AMDA) dan Asian Medical Students Association (AMSA) menggelar Kuliah Umum  (Studium Generale) di Auditorium Fakultas Kedokteran Lt. 5, Kampus II UMI, Selasa (13/8).

Bacaan Lainnya

Pembicara Prof. Shigeru Suganami, President of AMDA Internasional (Peran Dokter dalam Kebencanaan), Prof.
dr. H. A. Husni Tanra, Ph.D., Sp. An.(K), President of AMDA (Masa depan Ilmu Anastesi) dan Prof. dr. H.  Syarifuddin Wahid, Ph.D., Sp. PA(K), Sp.F., DFM., Vice President of AMDA Indonesia memaparkan, Masa Depan  Mahasiswa Kedokteran.

Wakil Rektor I UMI, Dr. Ir. Hanafi Ashad, M.T., mewakili Rektor saat membuka acara mengapresiasi pelaksanaan  Kuliah Umum yang sejalan dengan visi UMI sebagai universitas berkelas dunia dan berdaya saing.

“Pertukaran informasi secara langsung antara mahasiswa dan civitas akademika dengan para pakar di bidangnya  perlu senantiasa didorong dan dikembangkan agar meningkatkan kualitas dan daya saing”, ungkapnya.

President of AMDA Indonesia, Prof. Shigeru Suganami menjelaskan kedekatan Indonesia dan Jepang serta  mengapresiasi Indonesia dalam merespon bencana.

“Indonesia dan Jepang memiliki tantangan yang sama di bidang kebencanaan. Hal yang menarik adalah Indonesia  memiliki semangat gotong royong yang semakin terlihat ketika terjadi bencana”, tuturnya.

Prof. Shigeru menambahkan ada lima permasalahan yang dihadapi tenaga kesehatan ketika terjadi bencana.

“Setidaknya ada lima permasalahan, seperti transportasi pasien, pengaturan tim medis, distribusi ke lokasi  bencana, suplai peralatan medis dan ketersediaan akomodasi dan konsumsi”, jelasnya. (rls).

Pos terkait