Tumbuhkan Spirit Kerohanian, IKA Smansa 87 Makasaar Bangun Masjid

Tumbuhkan Spirit Kerohanian, IKA Smansa 87 Makasaar Bangun Masjid

Makassar,Upeks.co.id— Masjid dapat dijadikan pusat aktivitas pembinaan kecerdasan spiritual sekaligus praktik-praktik keagamaan generasi muda yang beragama islam.

Bacaan Lainnya

Hal ini menjadi penting, dimana ajaran agama tidak melulu hanya dihafal melainkan diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

Hal ini juga mendorong Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Smansa 87 membangun masjid yang diberi nama Masjid Al-Mulk IKA Smansa 87 di Jalan AP. Pettarani, Makassar.

Pembangunan masjid tersebut berhasil dirampungkan di bawah kepengurusan Ketua IKA Smansa 87 Makassar, Andi Rudi Massaressung.

“Sebuah komunitas bisa mempertahankan eksistensinya bisa dilakukan dengan berbagai hal. Diantaranya terus berkegiatan dan melakukan gerakan sosial yang berkelanjutan, salah satunya dengan membangun masjid yang nanti bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
Apalagi, kami ini sebagian besar sudah berusia 50 tahun. Tentu kegiatan kerohanian atau ibadah sosial semakin ditingkatkan dengan hadirnya masjid ini,” ujarnya.

Andi Rudi juga mengungkapkan, gagasan membangun masjid tersebut sebenarnya berawal dari tiga kepengurusan IKA Smansa 87 yang terdahulu. Namun, pembangunannya baru rampung di masa kepengurusannya. Dimana, pembangunan Masjid Al-Mulk IKA Smansa 87 ini juga mendapat tanah hibah dari Zulkifli yang juga merupakan alumni Smansa 87.

“Masjid ini berdiri sebenarnya bukan di kepengurusan saya, tapi di masa kepengurusan pak Syahrir Made Ali. Kemudian pembangunannya dilanjutkan hingga kepengurusan pak Abdurahman Assegaf (mantan Wakil Bupati Pangkep). Dan masuk di periode saya, Alhamdulillah pembangunannya 100 persen rampung,” ungkapnya.

Andi Rudi menjelaskan, bahwa dana yang digunakan untuk pembangunan Masjid Al Mulk tersebut murni merupakan hasil sumbangan dari para anggota IKA Smansa 87 yang sebagian besar sudah sukses berkarir di bidang masing-masing.

“Alhamdulillah, teman-teman alumni dan anggota turut membantu pembangunan masjid ini,” katanya.

Andi Rudi berharap, dengan hadirnya Masjid Al Mulk IKA Smansa 87 ini bisa meningkatkan kegiatan kerohanian baik pengurus IKA Smansa 87 maupun masyarakat umum. Ia pun bertekad akan terus membangun masjid lainnya jika mendapat lahan wakaf atau hibah.

“Saya dan teman-teman akan membangun masjid lagi kalau ada tanah wakaf. Harapannya, semoga apa yang kami lakukan ini bisa istiqimah dalam ibadah sekaligus memelihara generasi selanjutnya,” pungkasnya.(*)

Pos terkait