Di Enrekang, Nuansa Ramadan Menggema Hingga Perbatasan Tana Toraja

  • Whatsapp

Di Enrekang, Nuansa Ramadan Menggema Hingga Perbatasan Tana Toraja

ENREKANG, UPEKS.co.id — Dusun Lo’ko Bulan, Desa Benteng Alla’ Utara, Kecamatan Baroko, adalah wilayah  Utara paling ujung kabupaten Enrekang.

Bacaan Lainnya

Desa tersebut merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten  Tana Toraja yang penduduknya dominan merupakan daerah pemeluk agama Kristen.

Meski demikian untuk wilayah Desa Benteng Alla’ Utara tetap didominasi oleh Pemeluk agama Islam, di Desa  tersebut ada 8 masjid dan juga ada 2 gereja.

” Kalau Pendidikan lanjutan seperti SMP, SMA dan SMK, masyarakat lebih memilih ke Toraja karena faktor jarak
lebih dekat ketimbang ke SMP dan SMA di wilayah Enrekang”. Ungkap Adnan Nasution, ketua Remaja ikatan  persaudaraan Qori Qoriah, hafidz Hafidzah Desa Benteng Alla Utara.

Didesa ini pula selama dalam Bulan Suci Ramadhan dilaksanakan kegiatan Nuansa Ramadhan XVII Angkatan ke  17. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan pada Bulan Suci Ramadhan digagas dan di rintis oleh Tokoh Pemuda  pada masanya yaitu Mantan Kades Benteng Alla Utara yang menjabat 2 Periode Ir. Patola. yang juga mantan  kepala desa 2 periode.

Kegiatan yang menggelar berbagai lomba dan dikemas Nuansa ramadhan XVII, dibuka oleh Baharuddin salah  satu Pimpinan Baznas Kab. Enrekang.

“Alhamdulilah, saya pimpinan selaku Pimpinan BAZNAS Enrekang di  daulat oleh panitia untuk membuka acara tersebut”. Ujar Bahar

Ia menjelaskan, Baznas memang sangat kegiatan dakwah berupa gema dan syiar Ramadhan tersebut. Lebih lagi  khususnya untuk daerah wilayah rawan aqidah seperti di komunitas muslim yang bermukim di perbatasan Toraja ini.

Bahkan tiga tahun terakhir BAZNAS Enrekang rutin memberikan bantuan kepada pemuda dan remaja Islam di  wilayah perbatasan tersebut dan bukan hanya desa Benteng Alla’ Utara tapi tiga wilayah kecamatan yang  berbatasan langsung dengan wilayah komunitas Kristen Toraja tersebut. Walaupun Sejauh ini toleransi antara
umat beragama Islam Kristen tidak lagi jadi masalah.

Nuansa Ramadhan XVII dengan tema ‘ dengan baca tulis Al-Qur’an,kita tingkatkan Dzikir ,fikir dan amal shaleh  menuju Enrekang Maju,Aman, Sejahtera dan Religius akan berlangsung hingga tanggal 27 Mei 2019.

Lomba lomba yang di pertandingkan, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Hifzil surah surah pendek, Hifzil satu  juz,hafalan doa sehari hari, praktek penyelenggaraan shalat jenazah, thabul shalat, cerdas cermat,mewarnai  Islam, kultum ceramah, khutbah,qasidah. ( Sry).

Pos terkait