SULAWESI SELATAN

Kemenag Lutim Lakukan Pra Manasik Haji

LUTIM, Upeks.co.id–Pelaksanaan manasik haji bagi calon Jemaah Haji merupakan tahapan penting dalam upaya mewujudkan kemaqbulan dan kemabruran haji. Oleh karena berbagai pola, pendekatan dan inovasi manasik haji harus dilakukan di Sulawesi Selatan, termasuk pelaksanaan kegiatan Pendampingan Pra Manasik Haji di Kab. Luwu Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Sulsel H. Kaswad Sartono pada Pembukaan Pelaksanaan Pra Manasik Haji bagi Calon Jemaah Haji Kab. Luwu Timur di Gedung Multiguna Pemda Lutim, (12/2/2019).

Lebih lanjut, Kaswad yang juga Direktur Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Sidrap ini menjelaskan bahwa program pendampingan Pra manasik pada hakikatnya merupakan “memanaskan mesin” institusi Kementerian Agama dalam rangka memberikan pembinaan dan bimbingan ilmu beribadah haji dan umrah, yang biasa dikenal dengan istilah manasik haji.

“Insya Allah kloter 1 Embarkasi Makassar masuk Asrama Haji tanggal 6 Juli 2019 masuk Asrama Haji dan terbang ke Arab Saudi tanggal 7 Juli 2019,” ungkapnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Artinya, lanjut mantan Kabid Urais Binsyar ini, masih ada cukup waktu sekitar enam bulan untuk mempersiapkan calon jemaah haji yang memiliki kompetensi pemahaman dan pengalaman manasik haji secara baik.

Sementara itu, Kakanmenag Luwu Timur Nur Khalik dalam sambutannya mengemukakan niat dan obsesinya dihadapan 157 orang jemaah haji yang akan berangkat tahun 2019 ini. Bahwa untuk mewujudkan jemaah haji yang berkualitas, di Lutim ini akan diprogramkan adanya pembangunan Pusat Layanan Haji Terpadu yang dibangun atas biaya SBSN yang dilengkapi “Taman Manasik Haji” yang dapat digunakan bukan hanya untuk jemaah haji dan umrah, namun juga untuk edukasi haji bagi pendidikan dan praktek ibadah haji dan Umrah bagi peserta duduk di Luwu Timur.

Pembukaan Pramanasik Haji di Lutim ini disamping dihadiri Kabid Haji dan Umrah, Kakanmenag Luwu Timur, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam se Kabupaten Lutim serta Calon Jemaah Haji untuk kuota 2019. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top