Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Panaikang

Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Panaikang

Makassar, Upeks– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan H. Ali Yafid beserta jajaran melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Selasa 2 Januari 2024.

Selain ASN dan Non ASN Kanwil Kemenag Sulsel, turut hadir segenap pegawai Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar dan Balai Litbang Keagamaan Makassar, serta ASN dan Non ASN Kantor Kemenag Kota Makassar.

Bacaan Lainnya
 

Ziarah dan tabur bunga yang digelar dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kemenag RI ini diawali dengan upacara ziarah yang dipimpin oleh Plt Kakanwil Ali Yafid. Ini adalah upacara perdana yang ia pimpin pasca dirinya ditunjuk selaku Plt Kakanwil Kemenag Sulsel 1 Januari 2024.

Puncak upacara ziarah ini adalah ketika Ali Yafid meletakkan karangan bunga di monumen TMP Panaikang sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan bangsa ini.

Usai upacara ziarah, Ali Yafid bersama para pejabat eselon tiga dan anggota Dharma Wanita Persatuan menuju ke makam para pahlawan untuk melakukan tabur bunga. Sejumlah makam yang dikunjungi yaitu makam Robert Wolter Mongisidi, makam Emmy Saelan, dan makam Andi Djemma.

Plt. Kakanwil mengatakan bahwa kegiatan ziarah dan tabur bunga ini telah rutin dilakukan setiap tahun menjelang peringatan HAB yang jatuh pada tanggal 3 Januari tahun berjalan.Plt. Kakanwil Kemenag Sulsel Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Panaikang

“Ziarah dan tabur bunga ini telah rutin kita lakukan setiap awal tahun, dengan harapan melalui kegiatan ini semakin menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa nasionalisme kita sebagaimana yang ditunjukkan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ucap Ali Yafid usai melakukan tabur bunga.

Rangkaian kegiatan lainnya yang dilaksanakan selepas acara tabur bunga yakni melakukan ajang sana ke sejumlah panti asuhan dan panti jompo di Kota Makassar.

Diinformasikan bahwa tahun ini Kanwil Kemenag Sulsel menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HAB ke-78, antara lain ziarah dan tabur bunga di TMP Panaikang (2/1), kemudian Apel HAB (3/1) di Asrama Haji Sudiang Makassar serta Porseni dan Expo HAB tingkat Prov. Sulsel pada tanggal 7 s.d 9 Januari 2024. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan acara ramah tamah pada tanggal 9 Januari 2024 di Kabupaten Pangkep. (tb)