Jangan Kendarai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Kasat Lantas Polrestabes: Sudah Ada Korban Meninggal Dunia!!

Jangan Kendarai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Kasat Lantas Polrestabes: Sudah Ada Korban Meninggal Dunia!!

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar, kembali mengeluarkan imbauan dan peringatan bagi seluruh masyarakat Kota Makassar, agar tidak mengendari sepeda listrik di jalan raya.

Imbauan itu disampaikan, lantaran beberapa hari terakhir banyak kecelakaan lalu lintas melibatkan pengendara sepeda motor listrik. Bahkan ada beberapa korban meninggal dunia.

Bacaan Lainnya
 

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Dr Amin Toha mengatakan, kalau mengacu ke Permenhub No 45 tahun 2020, untuk sepeda listrik memang tidak digunakan di jalan raya. Ada daerah operasionalnya. Termasuk pengendaranya dibatasi. Minimal umur 12 tahun.

Kemudian kata Amin Toha, sepeda listrik dioperasionalkan di lokasi khusus atau di pemukiman. Tentunya ini menjelaskan bahwa tidak boleh sepeda listrik digunakan di jalan raya.

Lebih jauh Amin Toha menjelaskan, terkait maraknya pengendara sepeda listrik yang dilakukan anak-anak di bawah 12 tahun itu, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan.

“Seperti melakukan rapat koordinasi dengan mengundang pelaku usaha, untuk tidak menjual atau tidak mengoperasionalkan sepeda listrik di tempat umum, ” jelas Amin Toha, Senin (15/1/2024).

Contoh misalnya sebut Amin Toha, di pemukiman. Di pemukiman saja ada ketentuannya.

Termasuk juga di objek wisata. Di lokasi wisata pun, para pengelolanya harus ada perjanjian dan ketentuannya yang harus dipenuhi.

Sehingga nantinya, baik itu penyewa tidak berisiko. Termasuk juga pengguna jalan lain. Itu harus sama-sama mengetahui ketentuan operasional sepeda listrik tersebut.

“Kita juga melakukan edukasi dan menyurat kepada pelaku usaha. Termasuk juga kita minta bantuan kepada para camat, lurah untuk terus-menerus menyampaikan ke warga bahaya menggunakan sepeda listrik di jalan umum, ” bebernya.(Jay)