Kedaireka Innovation Fund: Program Link & Match 100 Persen Didanai Industri Resmi Diluncurkan

Kedaireka Innovation Fund: Program Link & Match 100 Persen Didanai Industri Resmi Diluncurkan
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Prof. Nizam saat menyampaikan sambutan pada peluncuran Kedaireka Innovation Fund secara daring pada Selasa, 6 Juni 2023.

Jakarta, Upeks–Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Diktiristek) melalui platform Kedaireka meluncurkan program ekosistem kolaborasi terbaru Innovation Fund yang diresmikan secara daring oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam di Jakarta pada Selasa, 6 Juni 2023.

Berbeda dari program-program pendanaan yang sudah ada sebelumnya, Innovation Fund hadir dengan pendanaan yang sepenuhnya berasal dari Mitra Industri. Innovation Fund juga menawarkan kemudahan bagi Insan Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dengan mekanisme administrasi yang ringkas dan proses seleksi yang lebih singkat. Dalam program ini Perguruan Tinggi juga tidak perlu lagi khawatir terkait pencarian mitra industri karena Kedaireka sudah menyiapkan berbagai mitra industri dengan business case dalam berbagai bidang.

Bacaan Lainnya

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Prof. Nizam menyampaikan bahwa kehadiran Innovation Fund beserta kemudahan prosesnya diharapkan dapat mengokohkan sinergi kolaborasi serta rasa saling percaya antar Perguruan Tinggi dan Dunia Industri.

“Kedaireka akan terus memfasilitasi pertemuan antara Perguruan Tinggi dan Dunia Industri. Tahun ini kami menghadirkan program Innovation Fund dengan segala kemudahannya baik secara administrasi maupun proses seleksi yang diharapkan mampu meningkatkan peluang-peluang terjadinya kolaborasi inovasi. Saya harap program ini dapat memacu Insan hadirnya ide-ide inovasi terbaik dan memperkuat rasa saling percaya antar Perguruan Tinggi dan Dunia Industri” ujar Nizam.

Perusahaan yang berencana akan bergabung dalam program Innovation Fund yaitu: Kadin Provinsi DKI Jakarta, PT Unilever Indonesia, Adaro Group, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Pijar Foundation, PT Paragon Technology and Innovation, dsb.

Ketua PMO Kedaireka 2023, Mahir Bayasut menuturkan bahwa Innovation Fund akan hadir sepanjang tahun dengan beragam topik business case dari berbagai Mitra Industri.

“Program Innovation Fund akan dimulai dengan sayembara business case oleh PT Unilever Indonesia dan Adaro Group namun rekan-rekan peneliti tidak perlu  khawatir karena program Innovation Fund akan dibuka sepanjang tahun. Akan ada banyak peluang kolaborasi inovasi dengan ragam fokus topik yang dapat diikuti oleh Insan Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia.”

Sebagai informasi, Innovation Fund merupakan pengembangan dari salah satu program Ekosistem Kedaireka yaitu Rekapitch yang diluncurkan pada tahun 2022. Dalam rangka memperluas akses kolaborasi bagi Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, Ditjen Dikti melalui Kedaireka di tahun 2023 ini memutuskan untuk memperbesar skala program Rekapitch dan mengubah penjenamaannya menjadi Innovation Fund. (*)

Pos terkait