UK- PACT Diskusi Bersama Warga Pulau di Makassar

UK- PACT Diskusi Bersama Warga Pulau di Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— UK-Farnering For Accelerating Climate Transition (UK- PACT ) bekerjasama dengan lembaga penelitian WRI Indonesia menggelar tudang sipulung bersama warga pulau kota Makassar dengan tema ‘Mobilitas Orang Pulu Kota Makassar” membahas terkait persoalan transportasi, mobilitas ketahanan inklusivitas bertempat di Kafe Sudut Santai, Jalan Bonto Mangape kota Makassar, (6/12/2022) Siang.

Tudang sipulung yang dikemas dalam bentuk Diskusi ini dihadiri Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan kota Makassar, Lurah Kodingareng Ronnel Catur Prabowo, WRI Indonesia, Akademisi, BEM Fakultas Hukum UIT, warga pulau Kecamatan sangkarrang, pulau Barrang Lompo dan warga pulau Lae Lae, Kodingareng kota Makassar

Bacaan Lainnya
 

Adapun tujuan kegiatan tudang sipulung tersebut digelar untuk menyerap apa yang menjadi persoalan dan harapan masyarakat pulau yang ada di kota Makassar, agar dapat menjadi perhatian dari  pemerintah kota Makassar.

Dari hasil diskusi para peserta

salah satu yang menjadi keluhan warga pulau adalah minimnya sarana transportasi yang tidak sesuai dengan mobilitas orang pulau ke Kota Makassar.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu warga pulau Barang Lompo, Ainun yang kuliah di salah satu kampus di kota Makassar. 

Menurutnya dibutuhkan biaya tinggi seperti bagi anak pulau yang kuliah di Kota Makassar mereka harus menyewa tempat tinggal (Kos) karena kapal yang membawa mereka untuk ke kampus beroperasi hanya  pada jam 8  pagi dan kembali ke pulau pukul 11 siang, sehingga tidak memungkinkan untuk kembali pada hari itu juga. 

Menurut kordinator kota dan Komunikasi Vital Strategis UK – PACT Prgram Luna Vidya mengatakan pulau di kota Makassar bukan hanya sekedar tempat wisata, tetapi juga ada kehidupan ada pemukiman warga dan aktivitasnya cukup tinggi, sehingga membutuhkan tranportasi yang memadai.

“Pulau di kota Makassar bukan hanya sesuatu tempat wisata, tetapi juga ada kehidupan mobiltas orang pulau untuk ke Makassar itu cukup tinggi, sehingga membutuhkan transportasi yang memadai,”tutur Luna Vidya.

Luna Vidya juga mengatakan kecamatan Sangkarrang  merupakan kecamatan yang unik seharusnya diberi kebijakan khusus dari pemerintah kota Makassar sehingga kecamatan Sangkarrang dapat diperkenalkan sebagai kecamatan yang unik terdiri dari pulau pulau

Luna juga mengungkapkan program UK – PACT mengedepankan mobilitas publik rendah emisi berdimensi GESI yang berkelanjutan di kota kota metropolitan pesisir menuju pembangunan rendah emisi yang lebih aman , inklusif dan aman. 

Di tempat yang sama Lurah Kodingareng Ronnel Catur Prabowo, mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut agar sering dilaksanakan demi pembangunan pulau dan mendengar keluhan dan solusi menyelesaikan masalah

“Ini bagus sekali karena bagaiman kita bisa membangun kepulauan, disini kita bisa menemukan permasalahan, menyelesaikan masalah dan solusinya, jadi harapan besar saya kegiatan seperti ini sering seringlah kita buat,” tutur Ronnel. (Sofyan)