Bupati Barru Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Bupati Barru Dorong Petani Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Barru,Upeks.co.id— Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh MSi berupaya untuk terus mendorong petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian. Upaya itu dilakukan antara lain melalui adanya ketersediaan pupuk dan  optimalisasi sistem irigasi dan alat-alat pertanian.

“Ekstensifikasi sawah baru sekarang susah dilakukan, olehnya itu perbaikan dan peningkatan irigasi, alat-alat pertanian serta ketersediaan pupuk harus menjadi perhatian dan hal itu akan terus kita dorong,” Kata Bupati Barru saat menghadiri Acara Mappalili (Turun Sawah) musim tanam 2022/2023 dan musim tanam 2023 di Desa Cilellang, Senin 10 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya
 

Pada kesempatan itu, Bupati Barru juga memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan budaya Mappalili ,Menurutnya kegiatan itu  merupakan bagian dalam upaya meningkatkan hasil produktifitas pertanian.

Ditambahkan mappalili  merupakan   urung rembuk pemangku kepentingan dalam rangka  membuat kesepakatan atau komitmen bersama dengan para petani untuk sepakat terkait waktu turun sawah, jenis benih hingga nanti waktu hambur, tanam hingga panen

dan hal itu  bermuara pada peningkatan hasil produksi pertanian.

“Dalam kesepakatan kita ambil dua pendapat yaitu pendapat secara tradisional dan pendapat teknologi, kita padukan dengan baik sehingga semua hasilnya optimal,”!ungkapnya.

Turut Hadir Anggota DPR RI Komisi IX Drg. Hj. Hasnah Syam Mars, Kadis Pertanian dan Ketahanan pangan Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli, Kepala KUA, Kepala Desa, Penyuluh pertanian dan Kelompok Tani. (Wahyuddin Suyuti)