MUI Gowa Resmi Dilantik, Bupati Berikan Kantor Sekretariat

MUI Gowa Resmi Dilantik, Bupati Berikan Kantor Sekretariat
Gowa, Upeks.co.id– Pasca diadakannya musyawarah cabang Majelis Ulama Indonesia kabupaten Gowa beberapa waktu yang lalu dan terpilihnya kembali Ketua Umum yang lama untuk masa periode berikutnya.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan AG. Prof. Dr. KH. Najamuddin, Lc., MA melantik pengurus baru dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa Drs. KH. Abu Bakar Paka secara definitif yang disaksikan langsung oleh unsur Muspida Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Sabtu (24/9/202).
Acara pelantikan ini MUI Gowa mengusung tema ” Dengan Rapat Kerja kita Tingkatkan Peran Ulama Sebagai Pewaris Nabi dan Khadimul Ummah dalam Memelihara Ukhuwah dan Keutuhan Bangsa “.
Pada sambutan pertama diawali oleh ketua umum MUI Gowa Abu Bakar Paka mengungkapkan, ulama itu harus terjun langsung ke masyarakat atau ke pesantren-pesantren mengingat adanya laporan masyarakat tentang suatu paham yang tidak Selaras dengan syariat Islam maka tugas ulama lah untuk meluruskan pemahaman-pemahaman tersebut.
“Ini adalah salah satu isu-isu yang menarik di masyarakat khususnya di kabupaten Gowa sebab paham ini sudah menyebar ke pulau Tetangga di mana paham tersebut mengharamkan makan daging apa saja dengan alasan-alasan yang tidak sah di dalam Islam,” ungkapnya.
Sementara Ketua MUI Sulsel AGH Prof Najamuddin menekankan agar ulama dapat bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat, karena ulama adalah pewaris para nabi.
“MUI itu ada tiga motto yang dipegang yang pertama adalah Khadimul Ummah artinya pelayan umat, yang kedua adalah Shadiqul Hukumah artinya Mitra pemerintah,” ujarnya.
” Dan yang ketiga yang terakhir adalah Dima’il Ummah yang artinya adalah penjaga umat, sehingga peran ulama sangatlah besar dalam masyarakat apalagi untuk menjawab isu-isu yang berkembang maka Majelis Ulama wajib untuk meluruskannya “tandasnya.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjanjikan kepada MUI Gowa akan memberikan fasilitas kantor sekretariat.
“ Insya Allah doakan saja setelah pembahasan APBD perubahan Saya telah menganggarkan untuk merenovasi sebuah kantor dan setelah selesai baru saya serahkan kepada MUI Kabupaten Gowa,” ujarnya.
Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut dari unsur Muspida selain dari Bupati dan Wakil Bupati Gowa adalah Dandim Kabupaten Gowa, perwakilan dari Polres Gowa, Ka Kandep Agama Kabupaten Gowa, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Gowa, Kaban Kesbangpol Kabupaten Gowa dan seluruh pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa.(rls)