Pecahkan Rekor, Sehari PMI Makassar Terima 363 Permintaan Kantong Darah

Pecahkan Rekor, Sehari PMI Makassar Terima 363 Permintaan Kantong Darah

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar mendapat banyak permintaan darah yang tidak seperti hari hari biasanya dari beberapa mitra rumah sakit.

Biasanya itu paling maksimal PMI melayanani 250 kantong darah. Tapi, hari rabu (11/5/2022) lalu, PMI Makassar membuat rekor dengan melayani 363 kantong darah dari mitra rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, PMI Makassar memenuhi seluruh permintaan itu. Hal ini berkat bantuan relawan donor darah, pahlawan kemanusiaan dan mitra donor darah PMI yang selalu hadir membantu menjaga ketersediaan stok darah di PMI Makassar.

Ketua PMI Makassar DR Syamsu Rizal MI, mengajak seluruh pahlawan darah dimana pun mereka berada untuk unjuk bakti terhadap sesama.

“Karna setetes darah sangat membantu saudara saudara kita yang terbaring di rumah sakit. Untuk itu, Mari saling peduli dan berbuat untuk sesama,” ucapnya.

Sementara Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Makassar Khudri Arsyad, menilai permintaan kantong darah sebanyak itu memecahkan rekor di PMI Makassar. Ini menurutnya tidak terlepas kepercayaan pasien dan mitra rumah sakit terhadap PMI Makassar.

Kepercayaan tersebut dibuktikan dengan memberikan kepuasan pada masyarakat terutama pada pelayanan, dan ditunjang dengan kualitas darah yang baik.

“Ini suatu gambaran pentingnya memastikan kualitas darah dan keamanan darah melalui cara pembuatan obat yang benar (CPOB). Dan UTD PMI Makassar sudah mendapatkan sertifikat CPOB BPOM RI sejak tahun 2018,” kata Khudri Arsyad.

Selain itu, dia mengaku PMI Makassar kembali menerima permintaan stok darah sebanyak 120 kantong darah dari UTDRS Timika. “Insyah allah besok kita akan kirim lagi darah ke Timika,” ujarnya. (***)