Pasca Bertemu Atlet Taekwondo, Bupati Didatangi Atlet INKAI

Pasca Bertemu Atlet Taekwondo, Bupati Didatangi Atlet INKAI

BULUKUMBA,UPEKS.co.id— Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Andi Edy Manaf menerima perwakilan atlet olahraga karate Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Bulukumba. Para atlet INKAI ini mendatangi Kantor Bupati didampingi oleh pelatih, orang tua atlet dan pengurus INKAI Kabupaten Bulukumba, Rabu (9/3/22).

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama Bupati dan Wakil Bupati juga menerima sekaligus melepas para atlet Taekwondo yang akan berlaga di Open Tournament Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2022 di Makassar.

Bacaan Lainnya

Audiens ini merupakan yang pertama kalinya jajaran INKAI bertemu dengan Bupati dan Wakil Bupati secara bersama-sama. Kehadiran atlet INKAI untuk mendapatkan dukungan dari kedua pemimpin Bulukumba sekaligus menyampaikan capaian-capaian yang telah ditorehkan oleh INKAI Bulukumba, termasuk berbagai harapan ke depan dalam menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (POPROV) Sulawesi Selatan yang digelar pada bulan September mendatang.

Ketua INKAI Bulukumba, Muhammad Zabir Ikbal menyampaikan bahwa para atletnya telah menorehkan berbagai prestasi baik skala lokal maupun regional Sulsel. Pemerintah Daerah sendiri, kata Ikbal sudah pernah memberikan akomodasi dan bantuan kepada INKAI Bulukumba.

Olehnya itu, Ikbal menaruh harapan ke depan agar kiranya ketika INKAI mengikuti event di berbagai daerah, pihaknya semakin merasakan kehadiran Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Ikbal juga mengaku atlet-atlet INKAI sudah memiliki pengalaman tanding di berbagai turnamen, sehingga atletnya sangat diandalkan dan tidak perlu mengambil atau meminjam pemain dari luar daerah. Sebaliknya atlet Bulukumba tidak perlu mewakili daerah lain.

“Tidak perlu mengambil dari luar, kita harus berdayakan sendiri potensi dari para atlet kita,” kata Ikbal yang mengaku jumlah atletnya di Bulukumba sekitar 100 orang.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta memuji semangat juang dari para atlet INKAI Bulukumba yang tidak kenal lelah mengikuti latihan untuk mencapai prestasi.

“Jangan karena ekonomi kita terpuruk karena Covid, olahraga karate INKAI juga ikut terpuruk,” kata Andi Utta beri semangat.

Ke depan, Andi Utta berharap ada diantara atlet INKAI Bulukumba termasuk atlet cabang olahraga lainnya bisa menembus event internasional seperti olimpiade. “Jika ada atlet kita (Bulukumba) yang mengikuti event Internasional, saya yang akan bawa sendiri,” ungkapnya.

Olahraga Bulukumba, lanjutnya sangat potensial, apalagi jika dipadukan dengan sektor wisata atau sport tourisme. Pihaknya kata Andi Utta akan mengupayakan ada arena olahraga yang representatif dibangun di kawasan wisata Tanjung Bira sehingga ke depan event-event olahraga banyak digelar di kawasan wisata.

“Jadi atlet bisa latihan atau bertanding sekaligus menikmati wisata,” beber Andi Utta.

Sementara itu, Wakil Bupati Andi Edy Manaf mengemukakan agar proses pembinaan dapat dilakukan terus menerus, maka setiap cabang olahraga penting membangun kolaborasi dengan pihak perbankan atau BUMN untuk menjadi orang tua angkat yang berfungsi sebagai sponsor.

“Jika Cabor memiliki orang tua angkat, maka pembinaannya akan semakin baik dan berkelanjutan” ungkapnya.

Sebagai bentuk penghargaan kepada para atlet berprestasi, maka pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menggodok konsep pemberiaan beasiswa yang berprestasi di cabang olahraga, sehingga beasiswa selama ini tidak hanya diperuntukkan untuk siswa atau mahasiswa yang berprestasi secara akademik. (sufri)