Kemenag Sulsel Kurban Tujuh Ekor Sapi, BSI Sumbang Satu Ekor

  • Whatsapp
Kemenag Sulsel Kurban Tujuh Ekor Sapi, BSI Sumbang Satu Ekor

MAKASSAR, Upeks.co.id–Jumlah hewan kurban yang disembelih oleh keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan pada hari raya Iduladha 1442 H / 2021 M mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada Iduladha tahun ini, Kanwil Kemenag Sulsel menyembelih tujuh ekor sapi. Enam ekor merupakan kurban dari ASN Kemenag Sulsel dan satu ekor lainnya adalah sumbangan dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Jumlahnya mengalami penurunan dua ekor dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah sembilan ekor sapi.

Bacaan Lainnya

Penurunan jumlah tersebut, Salah satu faktor penyebabnya karena banyak diantara pegawai yang  menitipkan kurbannya di sekitar tempat kediamannya dan atau berkurban di kampung halaman masing-masing.

“Jumlah hewan kurban memang menurun, tapi yang penting adalah nilai ibadah dan sosialnya sama. Banyak rekan-rekan yang berkurban di sekitar rumahnya dan ada juga yamg menitipkan kurbannya di kampung halamannya,” ucap H Muhammad Nur, Ketua Panitia Kurban Kanwil Kemenag Sulsel, H. Muhammad Nur di Rumah Potong Hewan (RPH) Daeng Lala Antang, Rabu 21 Juli 2021.

Jika tahun sebelumnya prosesi penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah pelaksanaan shalat iduladha, kemudian dilanjutkan pada tiga hari tasyrik setelahnya secara berturut-berturut di pelataran masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel, namun tahun ini peyembelihan dilaksanakan pada hari tasyrik pertama saja dengan memilih RPH Antang sebagai tempat penyembelihan.

RPH Daeng Lala dipilih untuk memudahkan dalam mengontrol penerapan protokol kesehatan sebagaimana arahan Menag RI yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 17 tahun 2021, kemudian dipertegas oleh Kakanwil H.Khaeroni dalam isntruksinya selaku Penanggungjawab Panitia Pemotongan Hewan Kurban Kanwil Kemenag Sulsel.

“Pemotongan sengaja dilaksanakan di RPH Daeng Lala di Antang demi menghindari kerumunan massa dan agar lebih memudahkan dalam mengontrol penerapan protokol kesehatan karena panitia yang hadir serta pekerja yang diupah untuk penyembelihan ini jumlahnya terbatas,” jelas Muhammad Nur.

Adapun hewan kurban yang disembelih oleh ASN Kemenag Sulsel ini akan disalurkan bagi yang berhak menerima sebagaimana yang dipersyaratkan, dengan mekanisme pembagiannya ditangani langsung oleh panitia yang telah dibentuk.

Terlihat hadir pada prosesi penyembelihan di RPH Antang ini, selain panitia, hadir pula Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Penyelenggaraan Syariah H.Muhammad Tonang, Branch Manager BSI Area Makassar, Ilyas Ibrahim didampingi staf.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan menerima bantuan hewan kurban dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Makassar berupa satu ekor sapi.

Hewan kurban tersebut diterima oleh Kepala Bidang Urais, H. Muhammad Tonang mewakili Kakanwil Kemenag Sulsel di Rumah Potong Hewan (RPH) Daeng Lala Antang Makassar, Selasa 22 Juli 2021.

Area Manager BSI Makassar, Ilyas Ibrahim menjelaskan, pemberian hewan kurban ini tidak hanya dilakukan di wilayah Sulawesi Selatan tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Khusus di Sulsel kami menyerahkan lebih 30 ekor sapi. Sapi-sapi ini disalurkan oleh masing-masing kantor cabang kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sapi untuk kurban ini memang rutin dilakukan setiap tahun di seluruh Indonesia, di setiap cabang. “Jadi nasabah kami terutama isntansi atau lembaga yang bekerjasama dengan BSI, kita berikan bantuan berupa hewan kurban sapi”, sebutnya.

“Karena ini adalah tahun pertama BSI bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Sulsel, sehingga baru tahun ini pula BSI menyalurkan bantuan yang dialokasikan dari CSR kami”, sambungnya.

Ilyas Ibrahim mengungkapkan, pihaknya bersyukur tahun ini masih dapat memberikan bantuan hewan kurban kepada nasabah seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi yang dapat kita berikan untuk Kanwil Kemenag Sulsel,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Urais H. Muh. Tonang mengungkapkan, mewakili pimpinan, atas nama Kakanwil Kemenag Sulsel saya menyampaikan apresiasi kepada pihak BSI sebagai salah satu bank yang bermitra dengan Kanwil Kemenag Sulsel.

“Semoga bantuan berupa hewan kurban yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) BSI ini terus berkelanjutan dan tentunya harapan kita bersama bantuan ini demi untuk kemaslahatan umat,” ujar Muh. Tonang.

Hewan pemberian BSI ini kemudian disembelih bersama dengan 6 ekor sapi kurban pegawai Kanwil Kemenag Sulsel. (rls)