Divisitasi Kopertais Wilayah VIII, Rektor Berharap Unimen Segera Punya Fakultas Agama Islam 

  • Whatsapp
Divisitasi Kopertais Wilayah VIII, Rektor Berharap Unimen Segera Punya Fakultas Agama Islam 

ENREKANG, UPEKS.co.id — Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VIII yang mencakup Sulawesi, Maluku dan Papua melakukan Visitasi pembukaan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Enrekang, Sabtu (12/6/2021), kegiatan berlangsung di aula kampus 1 UNIMEN.

Visitasi tersebut dihadiri ketua BPH, Rektor, Civitas Akademika serta semua calon dosen dari lima program studi yang diusulkan oleh Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Bacaan Lainnya

Fakultas Agama Islam yang diusulkan terbagi dalam 5 prodi yaitu, Prodi S1 Agama Islam, Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam, Prodi S1 Hukum Syariah Islam dan Prodi S1 Manajemen Zakat, Infaq, Wakaf dan Sedekah (Ziswaf).

Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang Yunus Busa, M. Si pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kopertais yang telah ditunggu-tunggu.

“Terimakasih atas kesempatan dan waktu tim Visitasi Kopertais Wilayah VIII yang telah menyempatkan mengunjungi kami di Universitas Muhammadiyah Enrekang,” ucap Rektor Unimen.

Dia mengatakan, kehadiran Fakultas Agama Islam akan memperkuat ruh UNIMEN sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah dan juga menjadi ciri khas pergerakan Muhammadiyah yang berlandaskan Al Islam.

“Semoga dengan hadirnya fakuktas Agama ini lebih menguatkan ruh UNIMEN sebagai kampus berbasis agama, sehingga semangat lebih majunya semakin kuat. Kita berupaya menghadirkan prodi agama di UNIMEN, sebagai ciri khas kampus yang memiliki visi kampus Religius,” harapnya.

Sementara perwakilan Kopertais Wilayah VIII, Anre Gurutta K. H. Dr. Nurtaufik Sanusi, M. Ag menyampaikan jika niat membuka Fakultas Agama Islam harus diperbaiki, jangan ada niat lain.

“Jangan sampai kita kecewa, janganlah kita membuka Fakultas Agama karena tuntutan masyarakat / pasar, tapi buka Fakultas Agama karena ini adalah agama kita, agama Islam yang harus menjadi landasan dalam berilmu ” urai putra  ulama kharismatik, Alm. AGH. Sanusi Baco.

Dia menerangkan, fakultas agama adalah induk dari segala fakultas apapun, bukan fakultas baru, fakultas ini harus menjadi identitas kita sebagai universitas Muhammadiyah Enrekang dan sebagai ummat islam.

“Ada satu catatan yang mesti kita ingat semua, nantinya tidak ada skripsi dari mahasiswa FSaintek dan FKIP yang di dalamnya tidak ada ayat Alqur’an, agar semua tahu bahwa ini kampus Muhammadiyah yang islami,” tegasnya.

Kegiatan Visitasi ini diakhiri dengan mengecek masing-masing calon dosen Fakultas Agama Islam dari lima Program Studi S1 baik yang hadir langsung di Aula Kampus 1 UNIMEN maupun melalui fasilitas Zoom.

“Silahkan diusulkan, mudah-mudahan bulan 8 sudah ada SK karena pengusulannya sekitar 3 bulan diproses.” Tutup Dr. Nurtaufik setelah mengecek satu-satu calon dosen yang diusulkan Universitas Muhammadiyah Enrekang beserta dengan kelengkapan Administrasinya. (Sry)