Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak, Kapolres Gandeng Pemkab Bentuk Satgas PPA Kecamatan dan Desa

  • Whatsapp
Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak, Kapolres Gandeng Pemkab Bentuk Satgas PPA Kecamatan dan Desa

ENREKANG, UPEKS.co.id –– Dalam rangka mencegah dan menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kapoltes Enrekang AKBP Dr. Andi Sinjaya, SH, S.Ik, MH menggandeng pemkab Enrekang menggagas pembentukan Satuan Tugas (satgas) PPA di Kecamatan dan Desa.

Kegiatan ini berlangsung di SMA 10 Desa Pasui, Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang,Kamis (37/5/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pelaksanaan sosialisasi Kepala Dinas P3A Kabupaten Enrekang, Drs.H Burhanuddin M,Ap, Ketua Tim Penggerak PPK Kabupaten Enrekang, Dra Hj. Johra Muslimin Bando M.Pd, Kasat Reskrim Polres Enrekang AKP Saharuddin S.H., M.SI, Kapolsek Baraka AKP Saparuddin, Camat Buntu Batu Nur Alam S.Pd, Para Kepala Desa Kecamatan Buntu batu, Ketua BPD Desa serta undangan lainnya.

Kapolres dalam sambutannya menjelaskan, pihaknya sangat antusias datang di Kecamatan Buntu Batu menghadiri sosialisasi advokasi dan pendampingan layanan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan sekaligus pembentukan satgas PPA tingkat Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.

“Terkait masalah anak misalnya, kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur dilakukan terhadap orang dekat maupun orang yang tidak dikenal dapat mengakibatkan trauma, sebetulnya ini ironis apalagi dilakukan dalam tindakan secara kekerasan hal seperti ini tidak boleh dibiarkan.” Ujar AKBP Andi Sinjaya.

Dia mengatakan, masyarakat perlu memahami bahwa perbuatan kekerasan terhadap perempuan dan anak dibawah tersebut sudah diatur dalam Undang-undang baik kekerasan fisik, fsikis, penelantaran terhadap anak juga termasuk orang yang berada didalam lingkup rumah tangga atau KDRT itu semua adalah tindakan kekerasan yang sudah diatur dalam Undang-undang.

“Penanganan seperti ini tidak dilakukan secara hukum di Kepolisian saja namun juga diperlukan penanganan yang dilakukan bersama-sama Stakeholder terkait. Ucap Kapolres.

Tujuan dari pembentukan Satgas PPA ini untuk mencegah dan menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dibawah umur diwilayah hukum Polres Enrekang.

Kapolres Enrekang berharap dengan adanya pembentukan satgas PPA dari Pemerintah terhusus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian melibatkan masyarakat agar setiap kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak bisa cepat tertangani dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas pada masyarakat lainnya. (Sry).