Usai Satukan Operasional Sistem Layanan, BSI Bakal Fokus Relokasi Cabang

  • Whatsapp
Usai Satukan Operasional Sistem Layanan, BSI Bakal Fokus Relokasi Cabang

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi menegaskan fokusnya tahun ini untuk merampungkan proses integrasi layanan BSI, yang saat ini masih sementara berjalan.

Di BSI, kata dia, sejauh ini sudah berjalan dua tahap. Pertama, proses penggabungan tiga bank syariah milik Himbara yakni BRI Syariah, Mandiri Syariah dan BNI Syariah yang diresmikan sejak 1 Februari 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Kedua adalah melakukan proses roll-out atau penyatuan sistem layanan yang ditarget selesai akhir Oktober 2021 nanti. Jika proses ini selesai, BSI nanti akan memiliki 1.365 cabang di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hitungannya, hasil integrasi ini nantinya akan membuat jumlah nasabah BSI sekitar 14,5 juta hingga 15,5 juta rekening. Hanya saja, jumlah tersebut kemungkinan besar akan menurun lantaran bisa saja ada nasabah yang memiliki rekening di BNI Syariah dan BRI Syariah, atau pun di Mandiri Syariah.

“Secara umum pasti ada itu (nasabah yang memiliki rekening di BRI Syariah dan BNI Syariah atau Mandiri Syariah). Kalau target nasabah baru tahun ini mungkin tumbuh sekitar 5% sampai 8%,” jelas Hery, saat acara seremoni nasional kick off integrasi sistem layanan, di Kantor BSI Region XI Makassar, Senin (5/4/2021).

Setelah semua proses integrasi tersebut rampung, Hery Gunardi mengatakan akan kembali fokus melakukan relokasi kantor cabang BSI di seluruh Indonesia.

“Nah sekarang masuk tahap dua, yaitu integrasi rekening nasabah menjadi satu sistem bernama BSI. Harapannya, jika proses itu selesai Oktober 2021 kami akan kembali fokus relokasi kantor cabang ke tempat yang lebih potensial, daripada berdekatan,” katanya.

Menurutnya, relokasi kantor cabang BSI ini nantinya akan meningkatkan strategi dari sisi penjaringan. Ia pun mengaku sudah ada rencana terkait jumlah cabang yang akan direlokasi, termasuk di Region XI Makassar.

“Jumlahnya sekitar seratusan, termasuk di sini (Region XI). Cuma disini tidak banyak, karena jumlah cabang disini kan juga tidak banyak. Relokasi ini akan kita mulai tahun depan, sekarang kami masih fokus integrasi dulu,” pungkasnya. (eky)

Pos terkait