Kejari Sidrap Musnahkan 2 Kg Sabu dan 296 Ekstasi

  • Whatsapp
Kejari Sidrap Musnahkan 2 Kg Sabu dan 296 Ekstasi

SIDRAP UEPKS.co.id—Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu dan ekstasi, Selasa, 9 Maret 2021.

Pemusnahan  berlangsung di halaman Kantor Kejari Sidrap, Jalan Jendral Sudirman, No 204, Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Sidrap.

Bacaan Lainnya

Narkotika yang dimusnahkan, sabu-sabu mencapai 2 Kilogram (Kg) dan ekstasi 296 ekstasi dengan total harga Rp3 Miliar lebih.

Kejari Sidrap, Samsul Kasim SH MH mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu sudah berkekuatan hukum tetap dengan 35 perkara.

Lanjut Samsul Kasim mengatakan, banyaknya narkotika yang dimusnahkan kali ini, dia berharap agar pencegahan peredaran terus dimaksimalkan.

“Kita inginkan bersama bagaimana Sidrap bisa keluar dari pusat peredaran narkotika. Maka dari itu, peran serta masyarakat juga sangat diperlukan untuk ikut memberantas barang haram ini,” ungkap Samsul Kasim.

Dengan pemusnahan ini, kata Samsul Kasim, berharap masyarakat lebih sadar agar tidak berbuat pelanggaran atau berbuat tindak pidana.

Selain narkotika, pemusnahan juga dilakukan terhadap sejumlah barang bukti dari kasus tindak pidana umum lainnya.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara diblender lalu dibuang ke got untuk narkotika jenis sabu dan ekstasi. Sedangkan barang bukti dari tindak pidana umum lainnya dimusnahakan dengan cara dibakar dan sebagian memakai mesin gerinda, ungkap Samsul Kasim.

Pemusnahan ini untuk periode Desember 2020 hingga Maret 2021,” katanya Kasi BB dan Barang Rampasan Kejari Sidrap, Andi Herlina P.

Terpisah Anwar (43) mengatakan, untuk memberantas peredaran Sabu di Sidrap ini, harusnya petugas lebih jeli untuk mengusut mata rantainya.

Apalagi sekarang ini, yang ditangkap hanya ranting-ranting dari peredarannya, bahkan mungkin yang ditangkap hanya sebagai korban, bukan pelaku utamanya.

Dibutuhkan profesionalme petugas dan kepekaan Pemerintah dalam membasmi peredaran sabu-sabu, jelas Anwar.

Dikatakan Anwar, salah satu indikator merebaknya peredaran Sabu di Sidrap, di buktikan adanya pemusnahan Sabu seberat 2 kg dan Ekstasi sebanyak 296 oleh Kejari Sidrap senilai 3 Milyar lebih, (Risal Bakri).

Pos terkait