Dinkes Kolaka Seleksi Penerimaan Tenaga Pendamping UKS

Dinkes Kolaka Seleksi Penerimaan Tenaga Pendamping UKS

KOLAKA,UPEKS.co.id—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar tes seleksi penerimaan tenaga pendamping Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di aula Dinkes, Selasa (9/3/21).

Dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan tes seleksi dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Setiap peserta wajib bermasker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan tes, menempati kursi berjarak, kata Kadinkes Kolaka Harun Masirri kepada wartawan ditemui disela pelaksanaan tes.

Bacaan Lainnya

Harun menjelaskan, ini merupakan suatu gagasan dalam sistem informasi berbasis elektronik yang diberi nama Sistem Informasi Kesehatan Sekolah (SIKES).

Tujuannya merekap hasil pelayanan kesehatan yang dilaksanakan tenaga pendamping UKS di setiap sekolah, bisa memberikan gambaran hasil pelayanan serta kondisi derajat kesehatan setiap sekolah bagi pengelola program UKS di tingkat Puskesmas dan Kabupaten.

Dikatakannya peserta yang lulus tes, nantinya akan ditempatkan disetiap sekolah dan diharapkan menjadi motor penggerak kesehatan di sekolah, utamanya bagi anak-anak di setiap SD.

“Kita berharap anak-anak diusia SD mampu hidup sehat serta menjadi agen disetiap keluarganya,”harap Kadinkes.

Sementara Sekretaris Dinkes Hj Asmaria Ibrahim ditempat yang sama mengungkapkan tujuan dilaksanakannya tes seleksi penerimaan tenaga pendamping UKS, untuk mencari tenaga kesehatan yang berkompeten nantinya akan diterjunkan disetiap sekolah.

Tes seleksi ini diikuti sebanyak 93 orang, sementara kuota yang tersedia hanya 31 orang.

Dalam suasana pandemi Covid-19 maka pelaksanaan tes seleksi dilaksanakan dua sesi masing-masing sesi diikuti 47 orang dan 46 orang.

“Yang ikut tes seleksi berlatar pendidikan keperawatan dan kebidanan. Peserta yang dinyatakan lulus akan ditempatkan di setiap SD 30 orang dan satu orang di SMP dari 12 kecamatan se Kabupaten Kolaka,”ungkap Asmaria.

Dikatakannya bahwa penempatan tenaga UKS di setiap sekolah merupakan salah satu program visi misi Bupati Kolaka untuk semakin mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk disetiap sekolah.(pil).

Pos terkait