ANEKA

Pameran Senjata Tradisional Perkuat Jati Diri Bangsa

Pameran Senjata Tradisional Perkuat Jati Diri Bangsa

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Guna mendukung eksistensi suatu museum, UPT Museum dan Taman Budaya  Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pameran benda pusaka atau senjata  tradisional dari berbagai daerah, 26 hingga 30 Oktober 2020, di Museum Lagaligo Fort Rotterdam.

Pameran benda pusaka dilaksanakan dengan cara live streaming online atau virtual dan bertemakan ‘Keragaman  Bentuk Senjata Tradisional Memperkuat Keberagaman dan Jati Diri Bangsa’.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Denny Irawan yang diikuti
berbagai kalangan, seperti pengelola museum, mahasiswa, pelajar, ASN dan pemerhati budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Denny Irawan menjelaskan, museum salah satu  lembaga pelestarian warisan budaya yang menjadi sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan.

“Museum juga salah satu objek wisata yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang penting bagi kita. Pameran  benda pusaka ini juga untuk mendukung dan menjadikan museum tetap di hati masyarakat,” kata Denny.

Sementara, Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel,  Ernawati Asikin mengatakan, pameran ini merupakan salah satu agenda tahunan dengan beraneka tema.

Menurutnya, kegiatan ini seyogyanya dilakukan secara tatap muka, namun karena kondisi pandemi, sehingga  dilaksanakan secara virtual.

“Agenda pameran benda pusaka salah satu langkah memperkenalkan museum kepada generasi muda yang  menjadi penerus dari perjuangan bangsa.

Selain itu, diharapkan menumbuhkan kearifan kita dalam setiap langkah dan tindakan dalam meningkatkan nilai  nilai budaya daerah guna memberi dampak bagi kemajuan pendidikan dan kebudayaan,” ujarnya. (ris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top