Turunkan Rasio Rujukan, BPJS Kesehatan Kendari Optimalkan Pelayanan Primer

  • Whatsapp
Turunkan Rasio Rujukan, BPJS Kesehatan Kendari Optimalkan Pelayanan Primer

Turunkan Rasio Rujukan, BPJS Kesehatan Kendari Optimalkan Pelayanan Primer

Kendari, Upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Kendari melaksanakan kegiatan optimalisasi pelayanan primer melalui peningkatan kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap kontrak kerja sama, Jumat (24/07). Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Muhammad Ridwan menekankan pentingnya kepatuhan fasilitas kesehatan terhadap kontrak yang telah disepakati.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan dan evaluasi atas layanan kesehatan di FKTP. Hal ini penting karena menyangkut hak dan kewajiban, pelanggaran-pelanggaran yang mungkin muncul, karena ada pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan kontrak yang telah disepakati sebelumnya,” kata Ridwan.

Dalam pelayanan kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) diharapkan dapat menjalankan fungsinya sehingga pelayanan yang dilakukan di rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang benar-benar tidak dapat ditangani di FKTP.

“Jangan lupa bahwa FKTP memiliki fungsi sebagai gatekeeper yang memberikan kontak pertama dalam melayani peserta,” tegasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Iwan Kurnia menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan antara lain evaluasi rasio rujukan, evaluasi tingkat kepatuhan FKTP terhadap kontrak kerja sama, serta monitoring dan evaluasi kapitasi berbasis komitmen pelayanan.

“Salah satu penyebab tingginya rasio rujukan adalah ketidakpatuhan FKTP dalam melakukan entry pada aplikasi P-Care, di mana pasien yang dilayani tanpa rujukan tidak segera di-entry pada menu pelayanan sehingga perbandingan antara pasien dirujuk lebih banyak dibanding yang dilayani di FKTP,” kata Iwan.

Ia menambahkan bahwa masih terdapat beberapa FKTP yang masih berada pada angka merah atas indikator capaian kapitasi berbasis komitmen pelayanan sampai bulan Juni 2020 serta implementasi antrean online dan Mobile JKN faskes.

“Ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan FKTP mengetahui angka capaian utilization review semester I tahun 2020 sehingga bisa jadi tolok ukur evaluasi atas layanan di FKTP selanjutnya,” tutupnya. (Jamkesnews.com)

Pos terkait