BPJS Kesehatan Palopo Jelaskan Keunggulan Program Relaksasi Iuran

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Palopo Jelaskan Keunggulan Program Relaksasi Iuran

BPJS Kesehatan Palopo Jelaskan Keunggulan Program Relaksasi Iuran

Palopo, Upeks.co.id – Program Relaksasi Iuran adalah sebuah program yang memberikan keringanan pembayaran tunggakan bagi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo Subkhan mengatakan, adanya program ini dapat meningkatkan peluang keaktifan peserta JKN-KIS sehingga peserta tidak akan terkendala saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Jika sebelumnya pemerintah memberikan bantuan subsidi iuran bagi peserta mandiri kelas 3 sebesar Rp 16.500 sesuai dengan Perpres Nomor 64 tahun 2020, melihat kondisi saat ini pemerintah juga memberikan kelonggaran melalui program relaksasi tunggakan iuran bagi peserta mandiri kelas 1, 2 dan 3 sampai dengan bulan desember nanti,” jelas Subkhan, Rabu (23/09).

Subkhan juga menjelaskan berbagai kebijakan telah diterbitkan oleh pemerintah demi meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS dan agar Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan.

“Diharapkan Program Relaksasi Iuran ini dapat membantu peserta JKN-KIS dalam menyelesaikan kewajiban atau tunggakannya melalui cicilan yang dapat dibayarkan dalam jangka waktu setahun. Jadi jika ada peserta mandiri yang punya tunggakan lebih dari 6 bulan cukup membayar tunggakan selama 6 bulan ditambah 1 bulan berjalan untuk mengaktifkan kembali status kepesertaannya, dan sisa tunggakannya dapat dicicil sampai dengan paling lambat bulan desember 2021,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Program Relaksasi Iuran ini disambut baik oleh peserta JKN-KIS yang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Nurhaeni L. Lanontji (33). Warga Kecamatan Sendana ini mengaku baru mengetahui adanya program yang dapat membayar iuran secara dicicil ini.

“Begitu mengetahui adanya program ini, dan saya langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan diri agar ikut program relaksasi iuran. Saya dan keluargaku sudah menunggak 1 (satu) tahun lebih, kalau bayar sekaligus terasa berat sekali. Jadi program relaksasi iuran ini sangat membantu kami agar kartu JKN-KIS aktif dan dapat digunakan,” tuturnya. (Jamkesnews)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *