PARIWARA

Bijak Memanfaatkan Program JKN-KIS

Bijak Memanfaatkan Program JKN-KIS

Narasumber : dr. Cakra Sastrowijoyo

Palopo, Upeks.co.id – Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan menjamin seluruh jenis pelayanan kesehatan, mulai dari peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan penyakit (kuratif), serta pemulihan kesehatan (rehabilitatif), juga termasuk obat-obatan dan bahan medis habis pakai yang digunakan.

“Selama ini kami selalu memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh peserta JKN-KIS. Menurut saya yang paling utama bagi peserta adalah memastikan keaktifan kartunya, seperti dengan patuh membayar iuran. Selama ini jika Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mengalami kendala di lapangan, pihak FKTP melakukan konfirmasi dengan BPJS Kesehatan, petugas BPJS Kesehatan segera merespon dan memberikan solusi,” ucap Cakra Sastrowijoyo, salah satu dokter yang melayani peserta JKN-KIS, saat ditemui oleh tim Jamkesnews, Rabu (25/06).

Cakra juga mengatakan dengan adanya Program JKN-KIS ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah kesehatan. Masyarakat bisa mengikuti prosedurnya agar bisa dijamin BPJS Kesehatan. Misalnya, ketika peserta sakit, maka ia harus berobat ke FKTP terlebih dahulu.

“Apabila kondisinya tak tertangani di FKTP, maka peserta akan dirujuk ke pelayanan kesehatan selanjutnya seperti rumah sakit. Peserta JKN-KIS diharapkan agar lebih bijak memanfaatan Program JKN-KIS. Jika penyakit dapat ditangani oleh FKTP tidak perlu minta untuk dirujuk ke rumah sakit, cukup di FKTP saja, serta tetap menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi saat ini,” ungkap Cakra.

Di akhir pembicaraan ia menyampaikan harapannya agar seluruh elemen masyarakat mendukung Program JKN-KIS agar terus berjalan berkesinambungan. Menurutnya, Program JKN-KIS sangat bermanfaat dan telah banyak dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

“Saya berharap peserta agar lebih bijak lagi dalam memanfaatkan Program JKN-KIS ini, sehingga program ini dapat berjalan dengan berkualitas serta berkesinambungan. Karena untuk mendukung program ini butuh kerjasama yang baik dari semua pihak. Untuk BPJS Kesehatan, agar dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kepada peserta JKN, serta hubungan BPJS Kesehatan dengan mitra semoga dapat lebih ditingkatkan lagi,” harap Cakra. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top