Rapat Online Pokjawas Bersama Kasubdit PAI Kemenag RI

  • Whatsapp
Rapat Online Pokjawas Bersama Kasubdit PAI Kemenag RI

Sehari PAIS Sulsel Dua Kali Rapat

Makassar, Upeks.co.id–Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel H Muh Rasbi bersama Kasi Pais dalam jajaran Kanwil dan Ketua Kelompok Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Sulsel beserta jajarannya se kab/kota, melakukan rapat koordinasi dengan Kasubdit PAI pada PAUD dan TK Kemenag RI Victoria Elisna Hanah, selaku penanggung jawab pengawas PAI didampingi Kasi Kesiswaan PAUD Subdit PAUD dan Ketua Pokjawas Nasional, Selasa (14/4/2020) siang, via aplikasi zoom meeting.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Rasbi menyampaikan beberapa hal, yang pada hakekatnya bagaimana pokjawas PAI dapat bekerja secara profesional dengan tetap mengharapkan pembinaan peningkatan kompetensinya secara berkala.”Baik yang dilaksanakan oleh Kemenag ataupun secara mandiri yang dilakukan oleh Pokjawas,” ujarnya.

Selain itu, kabid juga meminta agar para pengawas senantiasa berkolaborasi dengan
Forum Komunikasi Guru (FKG), Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) semua tingkatan dalam proses pembelajaran serta senantiasa melakukan pembinaan-pembinaa ke guru-guru. Terkait sertifikasi pengawas agar sesegera mungkin menyiapkan segala admnistrasinya guna pembayarannya dapat dilakukan.
Sebelum mengakhiri arahannya, Rasbi mengharapkan agar

“Para pengawas bersama AGPAII, FKG, KKG,dan MGMP PAI menjadi garda terdepan dalam mengedukasi seluruh guru PAI dan masyarakat selama masa pandemik Covid -19 ini, agar seluruh himbauan pemerintah dapat dilaksanakan secara baik dan benar,” pintanya.

Kasubdit PAI pada PAUD dan TK Kemenag RI, Victoria pada kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi Kabid PAI Rasbi sebagai provinsi pertama melakukan rapat daring bersama dalam situasi Covid-19. Hal lain juga disampaikan bahwa penggunaan media online saat ini sangatlah berperan penting dalam melakukan proses pembelajaran, sehingga pengawas juga diharapkan dapat melakukan tugas pembinaan kepada guru PAI binaannya di semua tingkatan dalam pemberian materi peserta didik di rumah selama masa pandemik ini.

“Sekaligus melakukan evaluasi hasil belajar dan pembelajaran yang disampaikan oleh guru PAI dalam mendampingi orang tua peserta didik di rumah, selama proses belajar diikuti oleh peserta didik di rumah.Selain itu juga tugas manajerialnya secara daring pada satuan pendidikan masing-masing,” ungkapnya.

Selain itu, Kasubdit juga menyampaikan saat ini Direktorat PAI sedang menyiapkan bahan-bahan pembelajaran PAI melalui media online. “Insya Allah dalam waktu dekat akan segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota se Indonesia. khusus pokjawas, agar pembinaan-pembinaan tetap berjalan walau ditengah pandemik Covid’19 ini,” imbuhnya.

Kasubdit meminta agar dalam proses pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi para pengawas itu dapat diberikan kemudahan namun tetap sesuai prosedur yang ada. Kepada Kabid, disampaikan saat ini proses pembelajaran PAUD/TK siswa hanya dibebani pelajaran pembiasaan prilaku yang baik dan agamis yang menjadikan anak betah di rumah saja.

Sementara Ketua Pokjawas Nasional Amin mengatakan dalam waktu dekat pokjawas akan meluncurkan aplikasi SIM PINTER ( Sistem informasi Manajemen Pendidikan terintegrasi) dimana sistem ini akan mengharuskan mau pengawas sudah harus menggunakan dan menguasai IT dalam proses manajerialnya. (rls)