ANEKA

FKS Desa Singki Dialog Tematik, Cegah Konflik Sosial

FKS Desa Singki Dialog Tematik, Cegah Konflik Sosial

ENREKANG,UPEKS.co.id — Forum Keserasian Sosial (FKS) Desa Singki Kecamatan Anggeraja Kabupaten  Enrekang menggelar Peresmian dan Sarasehan Keserasian Sosial (dialog tematik), Dusun Batu Rape Desa  Singki, baru – baru ini.

Kegiatan dengan tema “Melalu Keserasain Sosial Kita jaga dan rawat kebhiekaan Bansa Indonesia dalam Bingkai  NKRI” dihadiri, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Kabid Linjamsos Abdul Rahman Saleh, SH,  Kepala Dinas Sosial Enrekang diwakili Sektretaris Mutarsa Lamamma, SE, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Enrekang.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Anggearaja, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Abdul Rahman Saleh, SH, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera. Selain itu menghindari atau menangkal konflik-konflik sosial, faham radikal, serta meningkatkan gotong royong.

“Kami ingin wujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki jiwa sosial tinggi khususnya di Desa Singki. Kami juga berharap ukhuwah di masyarakat tetap terjaga, dan kami harap kegiatan fisik keserasain sosial bisa bermanfaat di masyarakat terkhusu desa Singki.”

FKS Desa Singki Dialog Tematik, Cegah Konflik Sosial

Mutarsa Lamamma, SE mengatakan, kegiatan keserasian sosial ini terbagi dua, kegiatan fisik dan non fisik.

Dengan tujuan memicu masayarakat untuk berkumpul, bergotong royong, dan saling bercengkrama, sehingga  terjalin keserasain dan keharmonisan di masyarakat yang sudah pudar. Tugas Forum tetap berjalan walaupun  kegiatan ini sudah selesai.

Di lokasi kegiatan fisik didirikan tugu, sebagai penanda telah dilaknakan kegiatan keserasian sosial di desa Singki, Kecamatan Anggeraja, dengan harapan masayarakat tetap bisa menjaga rasa aman, damai, dan sejahtera, serta  meningkatkan gotong royong.

“Kegiatan Forum ini sangat bagus karena melibakan unsur masyarakat dalam pelaksanaanya.

”Keserasain dan keharmonisan bukan haya antar manusia, tp juga semua aspek kehidupan baik itu dengan alam  dan lain-lain .” ungkap perwalikan dari satpol PP.

Kapolsek Anggeraja menjelaskan, Kegiatan Keserasain Sosial sangat bagus karena memberikan pemahaman kepada warga pentingnya kebersamaan, menghormati, dan silaturahmi diantara masyarakat.

“Kita menjaga silahturahmi dimulai dari lingkup keluarga, salah satu yang memilih peran peting dalam menjaga silaturahmi, mencegah paham radikal dan mencegah konflik adalah orang tua. Diharapkan masyarakat khususnya desa Singki, hindarilah kegiatan yang kurang bermanfaat dan dapat menimbulkan konflik, ” ungkap Kalopsek Anggeraja.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Singki, Kepala Desa Singki mengucapkan terimakasih Program Forum Keserasian Sosial atas terlaksananya kegiatan yang sangat membantu Desa Singki.

Untuk tahapan fisik Program FKS Desa Singki, kegiatan Pengecoran jalan ke Dusun Batu Rape. Sekadar diketahui FKS ini diinisiasi  Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanat konstitusi yang  tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.( Sry ).

#TRENDING

To Top