Wisuda Sekolah Putri Darul Istiqamah: Mengukir Prestasi dan Harapan Masa Depan

Wisuda Sekolah Putri Darul Istiqamah: Mengukir Prestasi dan Harapan Masa Depan

Makassar, Upeks– Sekolah Putri Darul Istiqamah menggelar acara kelulusan untuk siswi-siswinya. Acara berlangsung meriah ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Pesantren Darul Istiqamah KH. M Arif Marzuki, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari S.H., M.Si. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel sekaligus Ketua Dewan Pembina Sekolah Putri Darul Istiqamah Ustadz. Muzayyin Arif, M.Pd, orang tua, dan para guru.

Acara dibuka Direktur Pendidikan Sekolah Putri Darul Istiqamah Dr. Riza Sativani Hayati, M.Pd menyampaikan one year report mengenai sekolah tersebut mulai dari kegiatan yang dilakukan santriwati di tiap harinya, fasilitas, jurusan, dan pencapaian-pencapaian lainnya, Rabu 12 Juni 2024.

Bacaan Lainnya
 

Wisuda Sekolah Putri Darul Istiqamah: Mengukir Prestasi dan Harapan Masa Depan

Direktur Pendidikan juga menyampaikan bahwa pada awal tahun ajaran depan dan juga akhir tahun ini Sekolah Putri Darul Istiqamah memberi beasiswa kepada 3 guru yang terpilih untuk melanjutkan pendidikan.

“Kita memberikan beasiswa kepada guru kita ada 3 orang yang diberikan beasiswa yaitu Ibu Syamsuryani S.Pd, S2, yang ke dua Ibu Rafiah M.Pd S3 di Turki dan Mis Nikmahwati Safrudin S3 di UNM,” ungkapnya.

Kepada para wisudawati direktur pendidikan berpesan. “Dimanapun kamu berada jangan lupakan Allah, tempatkan Allah nomor satu di antara semua yang akan kamu lakukan nanti di luar sana. selamat berjuang pada level selanjutnya. tidak ada yang kami minta selain kalian melanjutkan atau beristiqamah dengan apa yang kami tanamkan untuk kalian,”ungkapnya.

Dr. Riza Sativani Hayati menutup pidatonya dengan mengucapkan terimakasih ayah bunda atas atensi dan kami juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan juga support ayah bunda.

Ketua Dewan Pembina SPIDI Ustadz Muzayyin Arif, M.Pd yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel mengucapkan selamat atas kelulusan para santriwati.

Dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Provinsi Sulsel Andi Ina Kartika Sari S.H., M.Si karena telah hadir di acara wisuda Sekolah Putri Darul Istiqamah. Menurutnya, Andi Ina Kartika Sari adalah tokoh wanita inspiratif wanita pertama yang menduduki posisi ketua DPRD di Sulsel.

“Kita tentu berbahagia bisa hadir di sini menjadi saksi sejarah tuntasnya satu tahapan pendidikan bagi generasi kita. kehadiran kita semua ini tidak hanya jadi dukungan terhadap eksistensi, keberadaan kiprah perjuangan dari Sekolah Putri Darul Istiqamah yang ada di Maccopa. Tetapi sungguh lebih luas dari itu. Ini adalah wujud dukungan kita terhadap majunya berkembangnya pendidikan di negara kita,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Muzayyin Arif  menutup pidatonya dengan pantun.

“Indonesia memiliki banyak suku, terbentang jauh hingga ke Arafuru. Putri shalehah mengaji dengan suara merdu, rajin sekolah dan hormat kepada para guru,”ungkapnya.

Sementara Ketua Dewan Pembina Pesantren Darul Istiqomah KH M. Arif Marzuki selaku mengajak para hadirin untuk senantiasa bersyukur kepada Allah karena segala apa yang kita dapatkan adalah atas kehendaknya. Tidak ada nikmat kecuali datangnya dari Allah.

Acara wisuda tahun ini mencatatkan prestasi yang membanggakan. Di antara para lulusan, terdapat 36 santriwati yang berhasil menghafal Al-Quran 30 juz, sebuah pencapaian yang luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada santriwati berprestasi dari berbagai kelas.

Selain itu, sebanyak 11 santriwati berhasil lolos ke berbagai universitas, termasuk 6 santriwati melalui jalur SNBP, 3 di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), 1 di PTKIN, dan 1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Salah satu momen yang dinanti-nantikan dalam acara wisuda ini adalah drama musikal yang dipersembahkan oleh kelas X. Pertunjukan ini mendapatkan sambutan hangat dari para hadirin, menunjukkan bakat seni yang luar biasa dari para santriwati.

Acara juga dimeriahkan dengan pemberian sertifikat Cambridge Test kepada para wisudawati yang menandakan kompetensi mereka dalam bahasa Inggris. Selain itu, hasil karya menggambar digital para santriwati juga dipamerkan, menunjukkan kreativitas dan keterampilan teknis mereka.
Acara wisuda diakhiri dengan doa bersama yang memohon berkah ilmu dan kesuksesan bagi para lulusan dalam langkah mereka selanjutnya. Doa tersebut diikuti dengan sesi foto bersama antara para wisudawati, guru, dan tamu undangan, yang menjadi momen penting.

Sebagai penutup yang sempurna, seluruh wisudawati juga menampilkan pertunjukan. Penampilan ini tidak menunjukkan semangat kebersamaan dan kekompakan yang telah terbentuk selama masa pendidikan mereka di sekolah ini.

Dengan semangat dan harapan yang baru, para lulusan Sekolah Putri Darul Istiqamah siap melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menghadapi tantangan masa depan. (rls)