UNM Launching Dies Natalis ke-63 Tahun Dirangkaikan Pertandingan Olahraga

UNM Launching Dies Natalis ke-63 Tahun Dirangkaikan Pertandingan Olahraga

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pertandingan olahraga sekaligus launching kegiatan Dies Natalis Universitas Negeri Makassar (UNM) ke-63 tahun resmi diselenggarakan.

Hal itu ditandai dalam upacara pembukaan mengangkat tema “Era Baru Menuju Keemasan UNM” yang berlangsung di Lapangan Tennis Pascasarjana (PPs) UNM, Jumat (14/6/2024).

Bacaan Lainnya
 

Sebelum upacara dimulai, Rektor UNM Prof Karta Jayadi bersama unsur pimpinan disambut oleh parade defile dari kontingen tiap fakultas dan unit di UNM dengan menunjukkan yel-yel masing-masing.

Bertindak sebagai pembina upacara pembukaan dan launching Dies Natalis, Rektor UNM dalam sambutannya menyampaikan di usia ke 63 tahun ini sebagai modal utama adalah bersatu padu menunjukkan jati diri.

“Tunjukkan jati diri kalian bahwa semua punya karakter masing-masing, itulah kekayaan yang dimiliki oleh UNM. Hari ini kita menyambut peristiwa setahun sekali yang selama ini ditunggu-tunggu,” ujarnya.

Prof Karta Jayadi mengungkapkan Dies Natalis tahun ini menghadirkan UNM Sportif dan Humanis untuk memacu tingkat sportivitas dan rasa persatuan civitas akademika.

“Karena ini adalah aktivitas yang memacu fisik dan pikiran secara bersatu, mari tunjukkan di momentum ini bahwa kita semua mampu bersaing dengan sportivitas,” ungkapnya.

Karena itu, guru besar antropologi seni tersebut berharap para kontingen tiap fakultas terus menerus memberikan kontribusi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kita berharap semua menampilkan kualitas diri masing-masing sesuai dengan kapabilitasnya, jangan ada yang mengurangi kreativitasnya, karena disinilah untuk pertama kalinya orang harus menampilkan diri sendiri seluruh kemampuan harus diekspresikan,” jelasnya.

“Apalagi tahun ini kita libatkan mahasiswa, kita akan ukur sejauh mana kemampuan antara dosen dan mahasiswanya, inilah kita hadirkan UNM Humanis saling mengenal satu sama lain,” tambah mantan Dekan Fakultas Seni dan Desain ini.

Sebagai informasi, Ketua Panitia Dies Natalis UNM ke-63, Prof Suwardi Annas (Dekan Fakultas MIPA UNM) melaporkan rangkaian kegiatan Dies Natalis UNM diselenggarakan dengan berbagai pertandingan.

Diantaranya, kegiatan akademik, seperti orasi ilmiah, seminar nasional dan internasional, pameran pendidikan, dan kuliah umum. Untuk kegiatan sosial, meliputi donor darah, ajangsana, lomba kebersihan kampus.

Pada kegiatan olahraga, ada lomba Tennis lapangan, catur, bulutangkis, bola volley, futsal, domino, tennis meja, sepeda santai, minggu gembira dan kegiatan upacara puncak serta malam kenangan pada bulan Agustus mendatang. (jir)