Rektor UNM Orasi Ilmiah Wujudkan Indonesia Emas 2045

Rektor UNM Orasi Ilmiah Wujudkan Indonesia Emas 2045

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Karta Jayadi memberi orasi ilmiah pada penamatan SMP-SMA Tahfizul Quran Darul Istiqamah tahun 2024, di Teater Pinisi UNM, Rabu (12/6/2024)

Kegiatan ini mengusung tema “Generasi Cerdas, Berkarakter, dan Berdaya Saing Global untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045”

Bacaan Lainnya
 

Dalam orasinya Prof. Karta Jayadi menerangkan bahwa salah satu kunci utama dalam menciptakan menuju visi indonesia emas 2045 ialah melalui pendidikan dan pendidikan karakter.

Pendidikan yang mampu memperluas wawasan mengasa kecerdasan anak bangsa, namun yang tak kalah pentingnya adalah pendidikan karakter untuk membangun mentalitas, nilai budaya dan nilai kemanusiaan.

“Menuju Visi Indoensia Emas Indonesia Emas 2045 telah dicanangkan pemerintah kuncinya adalah pembangunan sumber daya manusia. Itulah tantangan ke depan yang makin tidak mudah. Namun, dengan kita membangun karakter SDM, saya yakini kita bisa mencapainya” ungkapnya.

“Ketaqwaan dan kecerdasa harus mampu seiring dalam pembangunan SDM, karena ketaqwaan sebagai basis nilai,” lanjut Prof Karta Jayadi.

Untuk mewujudkan hal tersebut menurutnya, dibutuhkan peran guru dalam menunjukkan wujud nyata dari pembelajaran yang memberdayakan.

Selain itu dibutuhkan pula peran penting pemerintah dan lembaga pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengakses pendidikan dengan mudah dan yang berkualitas.

“Tugas dan tanggungjawab ini semua ada ditangan kita peran penting guru dalam proses pembelajaran serta hadirnya Pendidikan yang berkualitas dan merata, orang miskin dan kaya bisa mengakses pendidikan dengan mudah dan berkualitas ini membutuhkan kerja sama kita bersama,” jelasnya.

Mantan Dekan FSD dua periode ini juga memberi motivasi kepada para siswa agar mempersiapkan diri dengan baik, menurutnya saat inilah menjadi penentu para siswa bisa menjadi generasi emas di 2045.

“Siapa yang ada di tahun 2045 ditentukan hari ini, mulai hari ini canangkan persetasi, jangan pernah bandikan dengan orang diluar, tapi maksimalkan potensi diri, hari ini kita muali” ungkapnya.

Setelah memberi orasi ilmiah Prof. Karta Jayadi kemdian menghadiri acara Penamatan Anak Didik PAUD Melati DWP UNM di Pinisi Ballroom Hotel Claro. (jir)