PPMU-PKM Unhas 2024, Buka Potensi Ekonomi Biru di Puntondo

PPMU-PKM Unhas 2024, Buka Potensi Ekonomi Biru di Puntondo

TAKALAR, UPEKS.co.id– Takalar masih memiliki potensi laut yang belum digarap optimal, khususnya terkait budidaya perikanan tangkap serta budidaya rumput laut.

“Kita harus mendorong perkembangan ekonomi biru harus didorong menjadi salah satu program strategis di daerah ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan (DKP Sulsel), Muhammad pada kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Pelatihan Kewirausahaan dan Pendampingan pengolahan bandeng duri lubak pada kelompok binaan koperasi produsen INS di dusun Puntondo, Kabupaten Takalar, Sabtu (22/6/2024).

Bacaan Lainnya
 

Dalam ceramahnya, Prof Idayanti Nursyamsi SE MSi (Guru Besar Ekonomi Bisnis) mengatakan, kegiatan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan dilakukan di dusun Puntonda Takalar karena kami dari akademisi melihat dusun ini punya potensi pengembangan sektor kemaritiman, tidak hanya dalam hal budidaya ikan tangkap, tetapi sektor pariwisata perlu juga ditata lebih baik.

Pemda diharapkan menyiapkan roadmap, dan fokus anggaran pembangunan untuk membangun infrastruktur sektor perikanan, mencari investor atau BUMN untuk mengolah potensi kemaritiman di daerah ini secara berkelanjutan serta berwawasan lingkungan.

Dosen Perikanan dan Kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Ir Marzuki Ukkas, DEA, juga selaku tokoh masyarakat yang telah puluhan tahun melakukan program di daerah ini, sangat mengapresiasi dan mendorong masyarakat di Putondo jadi pelaku ekonomi biru, pelaku UMKM disini harus mengembangkan peluang bisnis berbasis kemaritiman.

Marzuki bilang bahwa kerjasama antara pemerintah, industri, universitas harus diinisiasi untuk menciptakan peluang-peluang bisnis yang ada.

Konsep Ekonomi biru sendiri identik dengan ekonomi berbasis kelautan dan kemaritiman yang mana bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan kehidupan masyarakat berwawasan lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis ekosistem kelautan.

Hadir beberapa dosen senior Unhas seperti Dr Andi Reni Syamsuddin MSi, Dr Wadzibah MSi. Selain Itu, juga hadir perguruan tinggi mitra STIE Tridharma, dihadiri oleh Andi Dora, dan beberapa perwakilan dosen. Beberapa tokoh masyarakat dan kelompok usaha di daerah Puntondo serta beberapa pelaku UKM

Nur Wahyu salah satu peserta kegiatan mengatakan sebagai generasi muda siap untuk berjuang mengembangkan potensi ekonomi biru.

Harapannya, pemerintah memberikan anggaran dalam hal pembinaan, pelatihan bagi generasi muda agar masa depan mereka dapat lebih baik. (rls)