Pantau Hilal Penentuan Awal Dzulhijjah 1445 H, Kemenag Sulsel Gandeng BMKG

Pantau Hilal Penentuan Awal Dzulhijjah 1445 H, Kemenag Sulsel Gandeng BMKG

Makassar, Upeks–Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan melaksanakan pemantauan rukyat Hilal awal bulan Dzulhijjah 1445 H, Jumat 7 Juni 2024.

Berdasarkan undangan yang beredar ditandatangani Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel H Wahyuddin Hakim, lokasinya Rooftop Mall GTC Makassar Jl. Metro Tanjung Bunga, Makassar, pukul : 16.30 Wita.

Bacaan Lainnya
 

Rencanananya Kanwil Kemenag Sulsel mengundang hadir sejumlah organisasi seperti Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR)  Sulsel, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel,  Pengurus Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Pengurus Pusat Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (IMMIM), Pengurus Besar Darud Da’wah wal Irsyad (DDI), dan Wahdah Islamiyah.

Sebelumnya, Tim Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan ​​​​​​​melakukan survei lokasi pemantauan hilal dengan menggandeng Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Rabu 5 Juni 2024.

Adapun lokasi yang disurvei adalah Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar, lokasi yang dalam beberapa tahun terakhir juga menjadi titik pemantauan hilal untuk penentuan 1 Ramadhan maupun 1 Syawal.

“Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga sengaja dipilih karena tingkat penghalang dan hambatan (obstacle) untuk melihat hilal sangat rendah dari sekian lokasi yang ada di Makassar. Pantai Galesong Takalar juga bagus namun jarak kesana cukup jauh,” ujar Muh. Nur, Ketua Tim Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel.

Dijelaskan Muh. Nur, tingkat obstacle yang rendah di puncak gedung Mall GTC Tanjung Bunga tersebut turut mempengaruhi tingkat akurasi dan lamanya pengamatan hilal.

“Akurasi pemantauan sangat ditentukan oleh tingkat penghalang yang ada. Cuaca berawan ataukah turun hujan tentu turut berpengaruh pada terlihat tidaknya hilal, apalagi akhir-akhir ini cuaca di wilayah Makassar relatif berawan disertai hujan,” jelasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang isbat di Auditorium Kantor Kemenag RI Jakarta untuk menetapkan awal Dzulhijjah 1445 H serta jadwal Idul Adha 2024 pada 7 Juni 2024 M. Hasil Sidang Isbat ini mempedomani pelaporan dari 114 titik pemantauan hilal yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. (rls)