Khatib Jumat di Jepang, WR 1 UIN Makassar: Perjalanan Haji sebagai Refleksi Spiritual

Khatib Jumat di Jepang, WR 1 UIN Makassar: Perjalanan Haji sebagai Refleksi Spiritual

Makassar, Upeks.co.id – Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof. Kamaluddin Abunawas memberikan khutbah Jumat di Chiba Islamic Cultural Center pada tanggal 14 Juni 2024.

Dalam khutbahnya, Guru Besar Linguistik Arab Fakultas Adab dan Humaniora ini mengangkat tema “Perjalanan Haji”.

Bacaan Lainnya
 

Khutbah yang disampaikan dalam bahasa Inggris ini dihadiri oleh komunitas Islam di Chiba, Jepang.

Prof. Kamaluddin, menjelaskan bahwa ibadah haji merupakan sebuah perjalanan epik yang dapat dilihat dari tiga aspek utama: geografi, sejarah, dan penemuan diri.

“Dari sisi geografi, haji adalah perjalanan dari rumah kita ke tanah suci Mekkah dan Madinah, tempat dimana sejarah Islam dimulai,” ujar Prof. Kamaluddin.

Eks Wakil Direktur Pascasarjana ini menekankan pentingnya memahami perjalanan haji sebagai bukan hanya sebuah perpindahan fisik, tetapi juga perjalanan yang memperkaya spiritualitas setiap muslim.

“Dari sisi sejarah, haji adalah perjalanan melalui sejarah, dimana nabi Ibrahim mendirikan tempat ibadah pertama yang didedikasikan untuk menyembah Allah,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Periode 2019-2024 ini menggambarkan bagaimana setiap langkah dalam ibadah haji membawa manusia lebih dekat untuk memahami warisan spiritual dan budaya Islam yang kaya.

Sementara itu, dari sisi penemuan diri, Prof. Kamaluddin menjelaskan bahwa ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang mendalam untuk menemukan jati diri yang berpusat pada hati (qalb).

“Haji adalah momen introspeksi dan refleksi, di mana setiap jamaah diharapkan dapat menemukan dan memperbaharui komitmen mereka kepada Allah,” pungkasnya.