Jemaah Kloter 16 UPG Tiba di Arafah, Tempatkan Lansia di Posisi Strategis

Jemaah Kloter 16 UPG Tiba di Arafah, Tempatkan Lansia di Posisi Strategis

Padang Arafah, Upeks–Saat ini jemaah haji dari berbagai penjuru dunia sudah memenuhi Padang Arafah. Tak terkecuali dari Indonesia.

Wukuf yang menjadi puncak rangkaian haji, Sabtu (15/6/2024) ini. Sejak kemarin, Jumat (14/6/2024), secara bertahap Kota emasuki Padang Arafah untuk menyiapkan diri melaksanakan wukuf.

Bacaan Lainnya
 

Kloter 16 UPG Embarkasi Makassar yang terdiri dari jamaah Kabupaten Soppeng, Pangkep dan Kota Makassar, tiba pukul 13.30 Waktu Arab Saudi, atau sekitar 18.30 Wita menempati maktab 42.

“Alhamdulillah, jemaah kloter 16 UPG tiba pukul 13.30 WAS, kami menempati dua tenda yang telah siapkan PPIH,” ujar Afdal S.Ag MM, Ketua Kloter 16 UPG ini.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Soppeng menginformasikan, sesaat setelah tiba di Arafah, jemaah langsung mengatur posisi. Menempatkan jamaah lansia, risti dan disabilitas yang strategis agar memudahkan evakuasi, ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Rangkaian ibadah haji dikenal dengan istilah Armuzna atau Arafah Muzadalifah dan Mina.

Diawali wukuf di Padang Arafah 9 Zulhijjah 1445 H, atau (15/6/2024). Selanjutnya, matahari terbenam, seluruh jemaah haji mulai bergerak menuju Muzdalifah untuk Mabit hingga tengah malam.

Di Muzdalifah jemaah haji mengambil batu kerikil untuk melontar jumrah saat Mabit di Mina. (*)