Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Dirikan Warkop di Minah

Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Dirikan Warkop di Minah

MINAH, UPEKS.co.id — Ini warkop ttidak biasa. Selain karena tidak menjual kopi, sebagaimana lazimnya warkop, juga sama sekali tidak ada pajangan kuliner. Apalagi jejeran meja untuk ngobrol ataupun nongkrong.

Warkop ini hadir atas inisiatif Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Makassar Mahtab 37 di Mina. Dengan memanfaatkan pantri yang ada, beberapa jamaah penghuni kamar 219 Syisyah Makkah,  dengan senang hati dan penuh ketulusan, membantu jamaah lainnya menyiapkan air panas dan kebutuhan laiinya, entah itu sekadar  membuat kopi atau teh, pun juga untuk merebus mie instan.

Bacaan Lainnya
 

“Warkop ini terbilang laris manis. Hampir setiap saat para jamaah silih berganti mendatangi warkop ini sekaligus menjadi semacam tempat bertemu bagi jamaah, baik jamaah sesama mahtab 37, juga dengan jamaah dari mahtab lain,” kata Haidar Madjid salah satu jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Makassar.

“Bahkan beberapa kali ada jamaah yang lupa dan tidak tahu jalan pulang ke tendanya, justru bertanya di warkop ini,” lajut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulsel ini.

Haidar menyatakan atmosfir kebersamaan, sungguh sangat terasa. Silaturrahim begitu kental dan semangat untuk saling membantu menjadi spirit utama hadirnya warkop ini. Tiada kata lelah dan keluh kesah untuk terus bisa saling bahu-membahu selama proses menjalankan ibadah.

Selain itu, warkop ini menjadi tempat melepas lelah, khususnya bagi jamaah yang baru saja melontar di jamarat, yang berjarak kurang lebih 7 kilometer pergi pulang dari mahtab ke jamarat. (*)