Jamaah Kloter 17 UPG  Tiba di Arafah Disuguhi Makanan Siap Saji Bercita Rasa Nusantara

Jamaah Kloter 17 UPG  Tiba di Arafah Disuguhi Makanan Siap Saji Bercita Rasa Nusantara

Jamah Kloter 17 UPG asaln Kabupaten Bulukumba dan Kota Makassar tiba di Arafah disuguhi makanan siap saji bercita rasa nusantara

Padang Arafah, Upeks–Jamaah kloter 17 UPG Embarkasi Makassar telah tiba secara keseluruhan di tenda Arafah tepatnya di Maktab 42, pukul 16.30 Waktu Arab Saudi, Jumat (14/6/2024).

Bacaan Lainnya
 

Pembimbing Ibadah Kloter 17 UPG, Dr. Shaifullah Rusmin menjelaskan, pemberangkatannya melalui trip 2 dimulai dari jam 13.30.

“Jarak dari hotel yang berada di kawasan Syisya sesungguhnya tidak terlalu jauh menuju Arafah. Namun karena rutenya sudah ditentukan untuk menghindari penumpukan kendaraan, maka jalur yang ditempuh memutar dan waktu yang lama,” bebernya.

Sesampai di Arafah jamaah asal Kavupaten Bulukumba dan Kota Makassar di kloter ini menempati dua tenda dengan pengaturan yang telah ditentukan dan diatur sebelumnya.

Proses penempatan jamaah untuk menempati kasur masing-masing relatif lebih mudah dan terkoordinir.

“Jamaah yang berjumlah 110 dan akan melewati skema murur (tidak turun di Muzdalifah) ditempatkan di tenda terpisah sehingga mobilisasinya lebih mudah pada saat meninggalkan Arafah menuju Mina,” terangnya.

Sebagai pembimbing ibadah, Dr. Shaifullah Rusmin mengingatkan tentang status jamaah yang sedang dalam keadaan ihram, sehingga tetap menjaga larangan-larangan ihram dan tetap berdzikir dan bertalbiyah secara mandiri.

Menurut Alumni Al Azhar ini, Arafah ada tempat berdoa dan waktu wukuf adalah waktu untuk berdoa. Sehingga jangan dilewatkan untuk melantunkan seluruh doa dan hajat kepada Allah SWT pada saat wukuf.Jamaah Kloter 17 UPG  Tiba di Arafah Disuguhi Makanan Siap Saji Bercita Rasa Nusantara

Sementara Ketua Kloter 17 UPG, Nurlaila Umar, mengungkapkan jamaah yang didominasi dari Kabupaten Bulukumba melaporkan bahwa di kloter 17 ada tiga jamaah yang disafari wukufkan karena sakit. Namun laporan sejauh ini, ketiga jamaah keadaannya mulai membaik.

Staf PLHUT Kemenag Kabupaten Bulukumba ini juga telah mengatur ketua-ketua rombongan dan regu pada proses pembagian makanan.

“Yang istimewa pada haji tahun ini adalah pemberian makanan siap saji bagi jamaah untuk pemberangkatan tanggal 8 Zulhijjah untuk sarapan di hotel dan makan siang pada saat tiba di perkemahan Arafah,”tandasnya.

Menu makanan siap saji tersebut disantap dengan lahap karena bercita rasa Nusantara yaitu kari ayam dan rendang. (*)