Ingin Kuasai Harta Korban, Dua Mahasiswa Fakultas Hukum Nekat Bunuh Wanita Lansia

Ingin Kuasai Harta Korban, Dua Mahasiswa Fakultas Hukum Nekat Bunuh Wanita Lansia

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pelaku pembunuhan terhadap wanita lanjut usia (lansia) berinisial TA (66) di Kota Makassar, akhirnya ditangkap polisi. Pelaku berinisial FR (19) dan kekasihnya berinisial MAS (19).

Keduanya diringkus oleh Jatanras Polrestabes Makassar diback up Resmob Polda Sulsel, tidak jauh dari rumah korban di Jl Toddopuli 18, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, pada Rabu (5/6/2024).

Bacaan Lainnya
 

Kedua pelaku itu, merupakan cucu korban. Keduanya juga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum di salah satu universitas swasta ternama di Kota Makassar.

“Pelaku berjumlah dua orang. Satu laki-laki dan perempuan. Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Hukum salah satu perguruan tinggi di Makassar, ” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Devi Sujana saat merilis kasus tersebut, di Mapolrestabes Makassar, Kamis (6/6/2024) sore.

Devi Sujana menyebut, adapun otak pelaku dari kasus pembunuhan itu merupakan wanita FR (19). FR sendiri merupakan cucu korban. Hasil penyelidikan polisi, motif pembunuhan di latar belakangi ingin mengusai harta korban. Pelaku juga punya utang terhadap korban.

“Pelaku dan korban masih berhubungan keluarga. Motif untuk menguasai harta. Pelaku juga sering ke rumah korban. Rencana pembunuhan telah dipersiapkan oleh FR sejak dua pekan lalu. Bahkan FR sempat mencari cara di internet terkait cara membunuh, ” sebut Devi.

Lanjut Devi menceritakan, pelaku sudah berniat dua minggu sebelum kejadian. Berdasarkan hasil pengecekan handphone pelaku juga telah searching di internet. Pelaku searching diinternal berapa lama manusia bertahan hidup jika ditutup mulut dan hidungnya dengan bantal.

“Jadi pelaku ini sudah merencanakan memang untuk membunuh korban. Motifnya itu tadi, ingin menguasai harta korban, ” beber mantan Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung ini.

Sebelumnya, korban ditemukan tak bernyawa dalam rumahnya di Jl Toddopuli 18, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Selasa (4/6/2024).

Saat ditemukan, jasad wanita TA terbaring di atas tempat tidur dengan selimut. Di bagian wajah dan leher juga diduga mengalami luka akibat hantaman benda tumpul. (Jay)