Guru MAN IC Gowa Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Guru MAN IC Gowa Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Makassat, Upeks-!Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gowa menyelenggarakan lokakarya bertajuk “Mengukur Hasil Belajar Secara Komprehensif Dengan Kurikulum Merdeka”.

Acara ini diselenggarakan secara khusus untuk para tenaga pendidiknya dan berlangsung selama dua hari, yakni 12-13 Juni 2024.

Bacaan Lainnya
 

Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama, H Abdul Gaffar, di Hotel Vasaka Makassar, Rabu (12/6/2024).

Dalam sambutannya beliau mengapresiasi dan menyampaikan beberapa amanat.

“MAN Insan Cendekia merupakan ikon penting dari seluruh madrasah dan pesantren di Indonesia. Dibutuhkan tenaga-tenaga energik dan inovatif dalam peningkatan kualitas madrasah,” ujarnya.

Gaffar juga berharap MAN IC Gowa menjadi maskot di antara seluruh MAN IC yang ada di seluruh Indonesia.

Program ini diisi oleh narasumber ahli di bidangnya, yaitu Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Kota Makassar, Dr. Ma’arif, yang memaparkan mengenai evaluasi pembelajaran dalam sudut pandang sosial humaniora.

Di samping itu, Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Makassar, Prof. Ruslan, menjadi salah satu pemateri yang menyajikan teori dan praktik evaluasi pembelajaran, serta teknik penyusunan instrumen penilaian.Guru MAN IC Gowa Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Pelaksanaan IKM hari kedua dilaksanakan di aula MAN IC Gowa. Materi dibawakan oleh Imran Arsyad, guru SMKN 2 Gowa, yang juga aktif sebagai konten kreator.

Ia memberikan pelatihan praktik pembuatan video pembelajaran yang menarik dan interaktif kepada seluruh guru yang hadir.

Sementara Kepala MAN IC Gowa Burhanuddin, menjelaskan bahwa MAN Insan Cendekia menjadi madrasah piloting atau perintis IKM.

“Kami berharap terwujudnya agenda ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan dan keterampilan para pendidik, serta memberikan berkah bagi kita semua,” tutupnya. (rls)