Diskop UKM Sulsel Siap Gelar Roadshow 1.000 Sertifikasi Halal Gratis UMKM

Diskop UKM Sulsel Siap Gelar Roadshow 1.000 Sertifikasi Halal Gratis UMKM

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melalui UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sulsel siap menggelar Roadshow 1.000 Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM.

Kegiatan yang akan digelar pada Kamis, 20 Juni 2024 ini di Hotel Rinra Makassar merupakan rangkaian acara Roadshow dengan tema “Kita Halalin 2024”.

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, Pemprov Sulsel, Diskop UKM, PLUT Sulsel, MikroEx serta dukungan beberapa sponsor.

Ketua panitia, Bachtiar Baso mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan banyak hal sejak beberapa bulan lalu.

Bachtiar yang juga konsultan kelembagaan PLUT Sulsel memastikan kesiapan pelaksanaan Roadshow 1000 sertifikasi halal gratis di Makassar, termasuk menghadirkan 1.000 pelaku usaha mikro yang akan difasilitasi sertifikasi halal gratis.

“Alhamdulillah, dengan dukungan dari Kemenkop UKM, Pemrov, Kepala Diskop UKM, Kepala UPT PLUT dan beberapa sponsor InsyaAllah kegiatan ini siap dilaksanakan, semoga nanti berjalan lancar,” harapnya.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham menambahkan, program 1000 sertifikasi halal gratis bagian upaya meningkatkan kualitas produk UMKM, sehingga produk akan lebih terpercaya di mata konsumen yang semakin peduli terhadap kualitas.

Dikatakannya, Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengamanatkan semua produk barang dan jasa yang diperdagangkan di Indonesia bersertifikat halal.

“Dengan dukungan kawan-kawan pendamping PPH, kita mendorong pelaku usaha mikro untuk melakukan sertifikasi produk melalui sinergi dan kolaborasi multi pihak,” tambahnya.

Terpisah, Kepala UPT PLUT Sulsel. Ir. Iffah Rafida Djafar, ST, MT menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kemenkop UKM, BPJPH, Pemprov dan stakeholder pendukung atas inisiatif dan kerja samanya.

Menurutnya, kegiatan roadshow 1.000 sertifikasi halal Sulsel memiliki arti yang sangat penting dalam upaya mempercepat sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan. (rls)