Buka Kegiatan ANC 2024, WR III Berpesan Agar Mahasiswa Tidak Sekedar Bertanding Tapi Juga Bersanding.

Buka Kegiatan ANC 2024, WR III Berpesan Agar Mahasiswa Tidak Sekedar Bertanding Tapi Juga Bersanding.

Makassar, Upeks.co.id – Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr Muhammad Khalifah Mustamin S Ag M Pd, membuka kegiatan Alauddin Nursing Competition 2024, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kegiatan kompetisi nasional tersebut, telah memulai tahap penjurian pada 3 juni kemarin dan saat ini kegiatan ANC 2024, telah memasuki tahap final yang dilaksanakan di Hotel Aswin, Jumat-Sabtu, 21-22 Juni 2024.

Bacaan Lainnya
 

Prof Khalifah dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja panitia dalam mempersiapkan kompetisi nasional ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menjadi wadah untuk mengaktualisasikan kemampuan yang dimiliki.

“Kegiatan ANC ini, tentu sesuatu yang luar biasa. Luar biasanya itu karena dengan mengikuti event seperti ini, baik tingkat regional maupun nasional pasti banyak manfaat. Melalui kompetisi, para peserta dapat mengaktualisasikan kemampuannya dalam berbagai bentuk, misalnya video edukasi dan lain sebagainya,” ucapnya.

Lanjut, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Metode Penelitian itu menuturkan, selain untuk mengaktualisasikan kemampuan, kegiatan seperti ini juga bisa mengasah hard skill dan soft skill, yang kedepannya akan sangat berguna dalam dunia kerja.

“Ternyata untuk kerja sekarang, hard skill itu sangat dibutuhkan. Tapi untuk menjadi perawat yang handal, mahasiswa harus juga memiliki soft skill seperti kemampuan berfikir yang tinggi,” tuturnya.

“Nah itu semua, anda bisa dapatkan melalui kompetisi-kompetisi yang ada. Singkatnya, tidak ada ruginya mengikuti banyak kompetensi. Sekalipun hal tersebut konsepnya bertanding, tetapi jika kita suasana begini, bertanding itu nomor dua karena yang utama adalah bersanding. Maksudnya melalui kegiatan seperti ini, kita juga bisa bertukar ide dan pendapat dengan para peserta yang berasal dari kampus yang berbeda,” tambahnya.

Senada dengan itu, Dr Patima S Kep Ns M Kes selaku Wakil Dekan III FKIK menyampaikan, kegiatan kompetisi sangat didorong oleh Kemendikbudristek, karena akan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa, terkhusus ketika menjadi alumni nantinya.

Ia berharap, relasi yang terbangun antar perguruan tinggi yang ada dapat terus terjalin dan tidak berhenti pada kegiatan ANC 2024 ini.

“Mudah-mudahan betah dan masih mau berkunjung untuk kegiatan HMJ Keperawatan selanjutnya,” Ia mengakhiri.