Bina Keakraban, Jamaah Haji Kloter 5 UPG Gelar Makan Bersama di Lorong Hotel

Bina Keakraban, Jamaah Haji Kloter 5 UPG Gelar Makan Bersama di Lorong Hotel

Dalam rangka membina keakraban, jamaah haji asal Kabupaten Gowa yang tergabung dalam Kloter 5 UPG Embarkasi Makassar menggelar makan malam bersama di lorong Hotel Tharawat Al Baraka, tempat menginap mereka selama berada di tanah suci Mekkah.

Mekkah, Upeks–Dalam rangka membina keakraban, jamaah haji asal Kabupaten Gowa yang tergabung dalam Kloter 5 UPG Embarkasi Makassar menggelar makan malam bersama di lorong Hotel Tharawat Al Baraka, tempat menginap mereka selama berada di tanah suci Mekkah.

Bacaan Lainnya
 

Puluhan nampan nasi mandi, makanan khas Arab, dihidangkan di hadapan 450 orang jamaah, yang merupakan jamaah bimbingan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Syekh Yusuf Gowa tersebut.

Pembimbing Ibadah KBIHU Syekh Yusuf Gowa. H. Zulkifly Hijaz, mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa kebersamaan di antara sesama jamaah.

“Di tanah suci, kita semua adalah satu keluarga, harus saling kenal, saling akrab, dan saling membantu, dan dengan adanya acara makan bersama seperti ini, hal itu diharapkan bisa terbangun,” ungkap H. Zul, sapaan akrab beliau, seraya menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, Rabu (5/6/2024).

“Setiap musim haji, kami selalu begini. Cuma kali ini spesial, karena dirangkai dengan ulang tahun orang tua kami,” kata Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar tersebut.Bina Keakraban, Jamaah Haji Kloter 5 UPG Gelar Makan Bersama di Lorong Hotel

Sementara itu, Ketua Kloter 5 UPG, A. M. Yusuf Hakim menambahkan, kegiatan ini diperlukan sebagai cara untuk membuat jamaah merasa betah, setelah sekian pekan berpisah dari keluarga di tanah air.

“Kita butuh momen seperti ini untuk meningkatkan imunitas jamaah jelang puncak musim haji. Beberapa pekan terpisah dari keluarga di tanah air, tentu bukan hal yg ringan bagi sebagian orang,” terang Yusuf.

Ketua Asosiasi Penghulu RI Wilayah Sulawesi Selatan itu juga menjelaskan, bahwa selama di tanah suci, keseharian jamaah diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif, tujuannya untuk menjaga kondisi kesehatan jasmani dan rohani jamaah.

“Kita ada kegiatan senam bersama, cek kesehatan secara rutin oleh Tenaga Kesehatan Kloter, manasik oleh Pembimbing Ibadah Kloter, dan kegiatan2 lainnya, termasuk makan malam bersama seperti hari ini,”tandas Kepala KUA Bajeng tersebut.(*)