277 Siswa MAN 2 Makassar Lolos PTN Termasuk di Toronto University

277 Siswa MAN 2 Makassar Lolos PTN Termasuk di Toronto University

Makassar, Upeks–Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar, atau yang oleh masyarakat luas dikenal dengan sebutan MAN Model, kembali mengukir prestasi membanggakan dengan meloloskan 277 siswanya masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia. Sebanyak 13 diantaranya tembus Fakultas Kedokteran dan 2 orang di Universitas Toronto Kanada.

Para siswa MAN 2 Makassar ini lulus melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa (SIMAMA) Poltekkes Kementerian Kesehatan dan Beasiswa.

Bacaan Lainnya
 

Atas capaian tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H. Muh. Tonang mengaku bangga dan bahagia, karena menurutnya, MAN 2 Makassar dapat membuktikan bahwa madrasah tak kalah hebat dengan sekolah-sekolah umum.

Tonang pun berharap, siswa MAN 2 dan Madrasah-Madrasah lainnya di Sulsel, tidak hanya unggul di bidang pengetahuan, tetapi juga unggul dari sisi keimanan dan ketakwaan.

“Selamat kepada anak-anakku sekalian. Saya harap siswa MAN 2 Kota Makassar tidak hanya unggul di bidang pengetahuan umum, tapi juga unggul dalam keimanan dan ketakwaan. Kita tidak boleh kalah karena di Madrasah kalian digembleng pelajaran agama dan budi pekerti yang porsinya jauh lebih besar dibanding sekolah umum,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala MAN 2 Makassar, Hj Darmawati. Ia tak kuasa menahan rasa haru atas prestasi yang ditorehkan siswanya tersebut.

“Hadza min fadhly Rabbiy, Kami menyampaikan rasa syukur dan haru atas prestasi yang diraih oleh siswa MAN 2 Kota Makassar. Semua tentu tidak lepas dari kesungguhan dan keuletan Bapak Ibu guru dan tenaga kependidikan di Madrasah, terkhusus kepada tim kurikulum yang telah bekerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja Ikhlas dalam mengantarkan para siswa ke PTN impiannya,” sebutnya.

Terpisah, Wakil Kepala Madrasah Muh Ilyas, membeberkan bahwa hasil ini diketahui setelah dilakukan proses rekapitulasi data siswa yang sudah mengisi link.

“Alhamdulillah, sejumlah 277 siswa kami lolos seleksi BIM LPDP, SNBP, SNBT, dan SIMAMA 2024, dan bahkan 13 diantaranya lolos masuk di Fakultas Kedokteran,” ucapnya Jumat 14 Juni 2024.

Keseluruhan siswa yang lolos tersebut, lanjut Muh. Ilyas, tersebar di berbagai PTN se Indonesia bahkan luar negeri.

“Di Toronto University 2 orang, UI Jakarta 6 orang, ITB 1 orang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2 orang, IPB 2 orang, Universitas Brawijaya 2 orang, Universitas Hasanuddin 162 orang, Universitas Negeri Makassar 43 orang, UIN Alauddin 31 orang dan Politeknik Kesehatan Makassar Kementerian Kesehatan 8 orang, dan sisanya lulus di Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Samratulangi, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan Institu Teknologi PLN,” urainya.

“Untuk yang belum berhasil di jalur ini, masih ada jalur prestasi akademik, dan jalur mandiri yang Insya Allah akan indah pula pada akhirnya. Tak pernah ada yang sia-sia jika kita berjuang dan bersungguh-sungguh,” tandasnya.

Dengan capaian ini semakin mengukuhkan MAN 2 Kota Makassar sebagai Madrasah Unggulan Akademik dan Riset Nasional sebagaimana yang diraih pada tahun 2021 lalu dari Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI. (rls)