ETLE Rekam Pengemudi Mobil Berbuat Mesum Viral di Medsos, Ternyata Bukan di Makassar

ETLE Rekam Pengemudi Mobil Berbuat Mesum Viral di Medsos, Ternyata Bukan di Makassar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Beredar di media sosial (medsos) adanya gambar pengemudi mobil berbuat mesum yang diduga tercapture CCTV kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di JL. AP Pettarani Makassar, itu ternyata hoax.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Dr. Amin Toha bersama Petugas Tim ETLE Ditlantas Polda Sulsel, telah melakukan kordinasi dan pengecekan hasil capture petugas Back Office dan data Front Office ETLE.

Bacaan Lainnya

“Dapat disimpulkan bahwa gambar CCTV tersebut, bukan hasil capture kamera ETLE di Jl. AP Pettarani, Makassar, ” kata mantan Kasat Lantas Polrestabes Makassar ini, Selasa (28/5/2024).

Amin Toha menyebutkan, ada beberapa pertimbangan yang dapat disampaikan. Selain petugas ETLE orang lain bisa mengakses bukti pelanggaran, dan kejadian tersebut bukan Jl. AP Pettarani.

Kata Amin Toha, hasil capture kamera dapat diakses pelanggar dengan cara mengakses ke https://etle-korlantas.info/check-data-vehicle dengan memasukkan Nopol, No Rangka, dan No Mesin.

Kemudian, hasil capture kamera yang beredar memiliki resolusi rendah dan hitam putih. Menunjukan gambar tersebut ditangkap dari kamera lama dengan setting Infrared dan tidak memilliki dukungan perangkat pendukung yang lengkap.

“Sementara kamera ETLE di JL. AP Pettarani sudah menggunakan kamera terbaru dengan resolusi tinggi, dan diatur agar hasil capture malam hari merupakan gambar berwarna, bukan hitam putih, ” sebut Amin Toha.

Tak hanya itu, dijelaskan Amin Toha bahwa di Jl AP Pettarani menunjukan garis pembatas jalan berwarna kuning. Sedangkan di gambar yang beredar itu, adalah berwarna putih.

“Jadi gambar yang beredar itu bukan hasil capture ETLE di Jl AP Pettarani. Melainkan di tempat lain. Tapi, kami tidak sebutkan karena itu privasi orang, ” beber perwira polisi berpangkat dua bunga ini.(Jay)