Cegah Dehidrasi, Petugas Kloter 8 UPG  Edukasi Jamaah Rutin Minum Oralit

Cegah Dehidrasi, Petugas Kloter 8 UPG  Edukasi Jamaah Rutin Minum Oralit

Madinah Upeks — Cuaca panas di kota suci Madinah telah menyentuh suhu 42°C. Sengatan suhu panas dapat saja mengakibatkan badan menjadi lemas dan rentan bagi jamaah haji mengalami dehidrasi akibat aktifitas yang banyak menghabiskan waktu ibadah diluar hotel.

Hal ini disampaikan dr. Mardia Nur Ridha saat memberikan edukasi mengkonsumsi larutan oralit bagi jamaah haji kloter 8 UPG  di Hotel Diyar As Salam Madinah, Kamis (23/5/2024).

Bacaan Lainnya

Dampak dehidrasi yang mungkin timbul bagi tubuh kita dicuaca yang panas, maka sangat penting untuk berhati-hati dan melindungi diri, ujarnya.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan jamaah haji dengan melakukan gerakan minum oralit.Cegah Dehidrasi, Petugas Kloter 8 UPG  Edukasi Jamaah Rutin Minum Oralit

“Kenapa oralit?, semua orang menganggap oralit hanya bagi mereka yang mengalami diare, namun ternyata oralit penting untuk mengganti cairan tubuh yang keluar akibat suhu tinggi dengan kelembaban yang rendah sehingga kita tetap memiliki tenaga untuk melakukan aktifitas ibadah”, sambung Mardia.

Dia berharap agar gerakan ini mampu dilakukan jamaah haji tentunya dengan bantuan ketua rombongan dan ketua regu agar imbauan ini benar-benar sampai dan dilaksanakan oleh jamaah haji kloter 8 UPG.

“Semoga jamaah kita mampu menerapkannya dengan senantiasa membawa oralit di botol minum mereka saat melakukan ibadah, “tutupnya.

Selanjutnya, agar jamaah haji dapat terhidrasi dengan baik, TKHK kloter 8 UPG  membagikan oralit dengan kemasan 30gr untuk 1 liter air dengan waktu konsumsi maksimal 24 jam.

Diketahui, kloter 8 UPG Embarkasi Makassar dihuni sebanyak 289 jamaah asal kab. Luwu, 117 jamaah asal Kab. Gowa dan jamaah asal Kota Makassar sebanyak 36 orang. (*)