Naomi Sampeangin Local Hero CSR Pertamina Terpilih sebagai 95 Perempuan Tangguh dan Inspiratif Indonesia 2023

Naomi Sampeangin Local Hero CSR Pertamina Terpilih sebagai 95 Perempuan Tangguh dan Inspiratif Indonesia 2023

Parepare, Upeks.co.id- Momentum peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023, Naomi Sampeangin terpilih salah seorang sosok wanita yang selama ini menjadi perbincangan berbagai kalangan di Kota Parepare.

Beliau adalah Naomi Sampeangin atau yang dikenal dengan sapaan Oma Naomi. Dia masuk dalam kategori 95 Perempuan Tangguh dan Inspirtatif indonesia 2023 yang diberikan oleh Kementerian Pemberdeyaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya
 

Penghargaan ini kemudian dipublikasikan dalam buku berjudul 95 perempuan tangguh dan inspiratif Indonesia yang didalamnya tokoh Perempuan Indonesia seperti Megawati Sukarno Putri, Sri Mulyani, Najwa Sihab dan termasuk Naomi Sampeangin yang berasal dari Kota Parepare sebagai perempuan tangguh dan inspiratif pada kategori kesehatan yang merupakan Local Hero Program CSR Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Parepare.

Kiprah Naomi Sampeangin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Kota Parepare, khususnya bagi masyarakat ekonomi lemah dan para orang dengan gangguan jiwa. Sosok wanita yang sederhana ini tidak sungkan dan ragu melayani setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongannya, mulai dari yang sedang sakit, para ibu hamil, anak-anak, serta orang-orang yang terlantar.

Saat ini, beliau menggerakkan tim kader yang dibinanya untuk menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Pelayanan Kesehatan terpadu yang didampingi oleh PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Parepare. Bukan hanya masyarakat yang merasa terbantu, tetapi juga pemerintah Kota Parepare merasa sangat termotivasi dan dibantu dalam melayani masyarakatnya.

*Sekilas Program Pertamina Sehati Flamboyan Pertamina Parepare*

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan awalnya Pertamina bersama Naomi menginisiasi program pendirian posyandu untuk membantu masalah kesehatan untuk balita di Parepare sejak 2018.

Setelahnya kami juga melihat cukup banyak penderita ODGJ disana, sehingga dilakukanlah inisiatif membentuk yayasan yang bisa menjadi tempat bagi penderita ODGJ tinggal dan dibina oleh orang yang tepat terutama bagi mereka yang terlantar.

“Sejak 2018 hingga sekarang, Program Pertamina Sehati Flamboyan yang bersama kami rintis bersama dengan Ibu Naomi ini fokus dalam penanganan kesehatan Ibu dan Anak, gizi buruk, pendampingan ODGJ serta pendampingan yang bisa kami sebut Posyandu 3 generasi (Lansia, Remaja dan Balita),” ujar Fahrougi.

Tidak lupa, Fahrougi pun turut bangga atas pencapaian yang didapat oleh Local Hero Program CSR Parepare, Naomi sampeangin ini.

“Kami dari Pertamina turut bangga dan selama berjalannya program CSR bersama beliau banyak sekali ilmu dan pengalaman yang kami pelajari dari beliau, bagaimana ketulusan dalam melayani dan berbagi manfaat untuk sesama dijunjung tinggi oleh beliau bahkan sampai usia beliau yang sudah tidak muda lagi, beliau masih terus mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Terimakasih sebesar-besarnya juga bagi Ibu Naomi yang sudah mendedikasikan waktunya untuk bersama dengan Pertamina memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

Program Pertamina Sehati Flamboyan ini sejalan dengan pilar Program CSR Pertamina yaitu Pertamina Sehat yang juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDG’s) No. 3 yaitu mendorong kehidupan sehat dan sejahtera. (Mim)