KPU Makassar Gelar Rakor Persiapan Penyampaian LADK Parpol Peserta Pemilu

KPU Makassar Gelar Rakor Persiapan Penyampaian LADK Parpol Peserta Pemilu


Makassar,Upeks.co.id— Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar di Aula kantor KPU Kota Makassar, Kamis (4/1/24).

Rakor dihadiri seluruh komisioner KPU Kota Makassar, yakni Hambaliie, Sri Wahyuningsih, Andi Muhammad Yasir Arafat, Muh. Abdi Goncing dan Sapri. Rakot juga dihadiri Sekretaris KPU Kota Makassar, Asrar.

Bacaan Lainnya
 

Selain itu, Rakor juga dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Makassar, yakni Rahmat Soekarno dan Rizal Suaib, serta para LO dari seluruh Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Makassar, Hambaliie, sekaligus memperkenalkan kepada seluruh peserta Rakor para komisioner KPU Makassar periode 2023-2028.

Dalam sambutannya, Ketua KPU menekankan bahwa pelaporan dana kampanye adalah suatu hal yang wajib bagi seluruh peserta pemilu, sebagaimana telah ditetapkan dalam regulasi.

Olehnya itu, para peserta pemilu harus memperhatikan betul tata cara dan mekanisme pelaporan dana kampanye ini.

Sementara, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Makassar, Sri Wahyuningsih menambahkan, LADK ini adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban awal kepada publik oleh para partai politik terkait dana kampanye yang didapat dan digunakan selama proses kampanye pemilu 2024.

“Hal tersebut sebagaimana telah diatur dalam regulasi pemilu. Maka dari itu, pelaporan dana kampanye harus dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Sri juga menyampaikan, untuk menghindari penumpukan pelaporan di masa akhir pelaporan dan juga kendala teknis lainnya terkait pelaporan dana kampanye melalui aplikasi Sikadeka. (***)